Tips Buat yang Mau Mulai Jualan saat Pandemi

Tips Buat yang Mau Mulai Jualan saat Pandemi

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 15 Sep 2020 17:15 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping.
Tips Buat yang Mau Mulai Jualan saat Pandemi. Foto: iStock
Jakarta -

Sejak pandemi, berbagai usaha rumahan bermunculan. Di tengah kondisi yang memprihatinkan, banyak yang terpikir untuk mulai jualan online untuk menambah atau mendapatkan penghasilan.

Eka Sopian, pemilik usaha warung makan Ayam Sijagur Sambel Ngajelegur juga merasakan dampaknya. Menurutnya, dalam situasi apapun, hal pertama yang diperlukan adalah kemampuan beradaptasi.

"Di tengah kondisi yang sulit, kita semua merasakan memang berat. Tapi kita harus adaptasi dengan kondisi sekarang dengan mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan konsumen," kata Eka dalam diskusi virtual #MelajuBersamaGojek dengan Super App GoBiz, Selasa (15/9/2020).

Diakui Eka, berbisnis di tengah pandemi menjadi tantangan tersendiri untuk pelaku usaha, apalagi buat yang mau mulai jualan. Namun hal tersebut bisa terus dilakukan asalkan diiringi strategi jitu.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan secara seksama potensi pasar yang berkembang. Di masa pandemi, salah satu bisnis yang paling menonjol adalah usaha makanan.

"Orang sekarang kan pada WFH, social distancing, maka kita harus adptasi. Untuk di kuliner misalnya dari segi pilihan menunya disesuaikan. Kemudian karena di masa pandemi orang sedang berhemat, bisa adakan promo. Jangan berhenti berinovasi," kata Eka.

Dia juga menyarankan bagi yang sudah menjadi mitra GoFood untuk bergabung di komunitas GoFood. Eka yang memulai usahanya dari warung pinggir jalan, mengaku merasakan banyak manfaat dari komunitas ini.

"Dari sana saya jadi kenal dengan pengusaha kuliner yang lain, ngobrol bareng, diskusi, konsultasi dengan yang lebih senior, jadi tahu tips-tips. Banyak ilmu baru yang saya dapat dari sana," tuturnya.

Eka juga merasa terbantu dengan fitur-fitur aplikasi GoBiz yang terus diupdate GoJek. Karenanya, dia juga menyarankan agar UMKM yang berniat jualan online memaksimalkan fitur-fitur yang ada.

"Sekarang daftar bisnis di GoBiz udah lebih mudah, bisa daftar mandiri lewat aplikasi. Dulu saya merasakan mesti bolak-balik. Apalagi kalau ada dokumen yang kurang dan lain sebagainya," kisahnya.

Tak kalah penting, Eka ingin menyemangati rekan-rekan sesama UMKM dan bagi yang baru mulai berjualan agar tetap tangguh menghadapi situasi pandemi.

"Kita sebagai ownernya harus disiplin, niatnya yang kuat, jangan ragu berinovasi, dan jangan nyerah karena pasti ada jalan," tutupnya.



Simak Video "Dapur Bersama GoFood: Pedagang Tinggal Datang, Tanpa Biaya Sewa"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)