Kerja Keras Ala Bill Gates Tak Seperti Umumnya Manusia

Kerja Keras Ala Bill Gates Tak Seperti Umumnya Manusia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 13 Sep 2020 12:32 WIB
Bill Gates Muda
Bill Gates saat muda dan merintis Microsoft. Foto: Facebook
Jakarta -

Tak heran jika Bill Gates sukses luar biasa, salah satunya berkat kerja kerasnya yang mungkin susah ditiru oleh manusia pada umumnya. Meski demikian, ia tetap mencoba menerapkan standar yang sama pada karyawannya di Microsoft, saat dulu dia masih aktif.

"Aku tidak pernah meminta pegawai Microsoft untuk bekerja lebih giat atau keras pada kesalahan mereka, lebih dari apa yang aku terapkan pada diri sendiri," cetus Gates.

Seperti apa memangnya pola kerja Gates saat dulu merintis Microsoft bersama sobatnya Paul Allen? Salah satunya selama 5 tahun Bill Gates memutuskan untuk puasa mendengarkan musik dan nonton televisi sebagai salah satu pengorbanannya demi membesarkan Microsoft.

"Kedengarannya memang ekstrim, tapi aku melakukannya karena kupikir kegiatan tersebut bakal mengalihkan perhatianku dari software" kisahnya beberapa waktu silam.

Saat itu, Bill Gates muda sering begadang tak hanya semalam suntuk, tapi sampai beberapa malam. Ia merasa harus selalu menyelesaikan proyek atau deadline yang telah ditetapkan.

"Kami adalah hardcore, jika sedang mengerjakan kode, maka selesaikanlah, jangan cemas soal tidur," cetus Gates.

Lupakan pula liburan atau weekend jika ingin membangun startup yang berujung pada kesuksesan. "Aku dulu tak mempercayai weekend, tak percaya liburan. Tapi ya, aku memiliki pandangan yang cukup keras bahwa harus ada pengorbanan yang sangat besar yang harus dibuat pada masa-masa awal itu," kata Gates yang dikutip detikINET dari Market Watch.

Barulah pada umur 30-an tahun, ketika Microsoft telah jaya, Gates mulai menikmati istirahat di akhir pekan ataupun berwisata. Usahanya yang gila-gilaan sudah terbayar.

Mendiang Paul Allen, sesama pendiri Microsoft, pernah menceritakan betapa Gates gila bekerja sehingga jarang kemana-mana. Bill Gates rela terjaga sepanjang malam dan juga di weekend demi membesarkan Microsoft.



Simak Video "Ayah Bill Gates Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]