Pentingnya Kolaborasi di Masa Krisis Bagi Gojek

Pentingnya Kolaborasi di Masa Krisis Bagi Gojek

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 12 Sep 2020 17:33 WIB
Gojek meresmikan logo barunya yang melambangkan kekuatan ekosistem Gojek sekaligus apresiasi kepada seluruh pengguna dan mitra Gojek. Peresmian ini dihadiri langsung oleh Founder dan CEO Gojek Nadiem Makarim.
Pentingnya Kolaborasi di Masa Krisis Bagi Gojek Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 dirasakan banyak pihak, mulai dari bisnis hingga masyarakat. Gojek sebagai salah satu perusahaan yang terdampak mengaku kolaborasi adalah hal penting di masa krisis seperti ini.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan selama pandemi ini Gojek tidak hanya berkolaborasi dengan hanya sesama perusahaan teknologi, tapi juga dengan perusahaan di sektor lain dan pemerintah.

Ia pun mencontohkan bagaimana Gojek dan perusahaan mitranya membantu mitra driver yang kesulitan mencari nafkah akibat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar.

"Waktu hari sudah kelihatan begitu kita ngebut nih, kita harus bantuin mitra driver kita bikin yayasan.Ngomong sama leaders group terus ngomong sama seluruh pegawainya Gojek kita bantuin yuk rame-rame, kita masukkin ke yayasan ini," kata Andre dalam salah satu sesi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, Sabtu (12/9/2020).

"Itupun perusahaan-perusahaan lain banyak yang ikut nyumbang. Contoh perusahaan-perusahaan para partner kami itu semua ikutan dan juga konglomerat ikutan nyumbang," sambungnya.

Kolaborasi lainnya dilakukan bersama penyedia layanan telehealth, Halodoc. Pengguna bisa mengakses layanan Halodoc lewat aplikasi Gojek dan nantinya obat yang diresepkan bisa diantarkan oleh mitra driver.

Selain itu, Gojek juga bekerjasama dengan pemerintah untuk mendukung UMKM di Indonesia selama pandemi. Salah satunya lewat program Bangga Buatan Indonesia yang juga menggandeng perusahaan lain seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Andre mengaku bangga Gojek menjadi salah satu perusahaan teknologi yang digaet pemerintah dalam inisiatif ini karena artinya mereka sudah dianggap sebagai solusi dan roda penggerak yang penting.

"Semua agenda bisnis, kompetisi, itu semua lagi hilang. Sesama perusahaan lokal itu spirit kebersamaannya kuat sekali dan semangat gotong royong itu nggak mungkin bakal hilang di negara ini karena itu fondasi sangat kuat sekali," pungkasnya.



Simak Video "Gojek Kembangkan Teknologi Verifikasi Wajah untuk Keamanan Driver"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)