Nabi Isa Trending di Twiter, Begini Kisah Kelahiran hingga 5 Mukjizatnya

Nabi Isa Trending di Twiter, Begini Kisah Kelahiran hingga 5 Mukjizatnya

Tim Hikmah detikcom - detikInet
Senin, 07 Sep 2020 16:00 WIB
Tempat kelahiran Nabi Isa AS
Tempat Kelahiran Nabi Isa AS di Betlehem (Foto: Erwin Dariyanto/detikcom)
Jakarta -

Nama Nabi Isa menjadi salah satu trending topic di Twitter sejak Senin, 7 September pagi. Dari pantauan detikInet, setidaknya sejak pagi ada 1.638 tweet soal Nabi Isa dan angka ini terus mengalami penambahan.

Banyak netizen bertanya, mengapa nama Nabi Isa menjadi trending topic di Twitter. Mereka kaget dan mengait-ngaitkan dengan tanda akhir zaman. Tak sedikit yang mencoba mencari kisah tentang Putra Maryam binti Imran itu, mulai dari kelahiran hingga mukjizatnya.

Kelahiran Nabi Isa alaihissalam

Peristiwa kelahiran Nabi Isa alaihissalam disebutkan dalam Firman Allah SWT di Al Quran Surat Ali Imran ayat 33, dan Surat Maryam ayat 16 sampai 40. Ada juga salah satu hadits Rasulullah SAW yang menceritakan soal kelahiran Nabi Isa.

Tepatnya Nabi Isa AS lahir di Betllehem, Palestina di sebuah daerah yang terletak di antara dua dataran dengan ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Jaraknya kurang lebih 10 kilometer arah selatan dari Masjid al Aqsa di Yerusalem. Sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Nabi Isa dilahirkan dari rahim seorang perempuan suci bernama Maryam binti Imran. Suatu hari, ketika Maryam tengah menyendiri di sebuah tempat, dia didatangi Malaikat Jibril yang menyamar menjadi seorang pria.

Didatangi seorang pria, Maryam kaget. Dia pun memanjatkan doa yang diabadikan dalam Al Quran surat Maryam ayat 18 yang artinya, "Sungguh, aku berlindung kepada Tuhan Yang Maha Pengasih terhadapmu, jika engkau orang yang bertakwa."

Melihat Maryam ketakutan, Malaikat Jibril pun berusaha menenangkan. "Sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu, untuk menyampaikan anugerah kepadamu seorang anak laki-laki yang suci," kata Malaikat Jibril.

Bukan menjadi tenang, Maryam justru kian kaget. Sebab dia tidak bersuami, tak pernah bersentuhan dengan laki-laki dan ia juga bukan seorang pezina. Namun Malaikat Jibril meyakinkan bahwa, bagi Allah SWT hal itu bukan masalah.

Maryam pun hamil. Perempuan suci yang dijamin masuk surga itu lalu pergi mengasingkan diri hingga tiba di Bettleham. Di sebuah riwayat disebutkan Maryam berhenti di sebuah dataran tinggi dan bersandar di bawah pohon kurma. Di sinilah Nabi Isa dilahirkan.

Setelah melahirkan Nabi Isa, Maryam kembali menemui kaumnya. Kepada Maryam mereka mempertanyakan Bapak dari Nabi Isa. "Wahai Maryam, sesungguhnya engkau telah membawa sesuatu yang sangat mungkar. Wahai saudara perempuan Harun, ayahmu bukan seorang yang buruk perangai dan ibumu bukan seorang perempuan pezina," kata salah seorang dari kaum Maryam.

Maryam tidak menjawab pertanyaan kaumnya sebab saat itu dia sedang puasa bicara. Saat itulah muncul keajaiban pada Nabi Isa. Nabi Isa AS, yang saat itu masih bayi dan dalam ayunan sang ibu diberi keajaiban Allah SWT untuk bisa berbicara.

Keajaiban Nabi Isa alaihissalam ini disebutkan dalam Al Qur'an Surat Maryam ayat 30 dan 31. Nabi Isa kecil menjawab, membela sang Ibu dari keraguan kaumnya, "Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi. Dan Dia (Allah) menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (melaksanakan) sholat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup."

Allah SWT dalam Surat Maryam ayat 34 dan 35 berfirman:

"Itulah Isa putra Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: 'jadilah', maka jadilah ia."


Mukjizat Nabi Isa

Ada 5 mukjizat Nabi Isa AS seperti disebutkan dalam Al Qur'an.


1. Masih bayi bisa berbicara

Saat masih bayi, Nabi Isa AS mampu berbicara dengan lancar dan mengenalkan dirinya pada masyarakat yang meragukan kelahirannya dari rahim Maryam binti Imran.

"Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi." (Al-Qur'an surat Maryam: 30).


2. Menciptakan burung yang bisa hidup

Mukjizat Nabi Isa AS berikutnya adalah menciptakan burung dari tanah liat dan bisa hidup. Sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah melalui Al-Qur'an surat Ali-Imran: 49.

"Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): "Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah."


3. Menghidupkan yang mati

Atas izin Allah SWT Nabi Isa AS diberikan mukjizat mampu menghidupkan orang mati. Namun Al-Qur'an tidak menjelaskan lebih detail sosok atau jumlah orang yang dihidupkan kembali Nabi Isa AS. Hal ini disebutkan Allah SWT di dalam Al-Qur'an surat Al-Imran: 49.

"Dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah."

Selain dalam surat Ali-Imran, mukjizat Nabi Isa ini juga disebutkan dalam surat Al-Ma'idah ayat 110.

"Dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizinKu."

4. Menyembuhkan yang sakit dan buta

Nabi Isa AS diberi mukjizat bisa menyembuhkan umat dengan kusta dan mengembalikan penglihatan yang terlahir buta.

"Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku." (Al-Qur'an surat Al-Ma'idah: 110).


5. Nabi Isa tahu rahasia orang lain

Allah SWT juga memberi mukjizat kepada Nabi Isa AS dengan memiliki pengetahuan lebih dari manusia biasa. Atas izin Allah SWT, Nabi Isa AS mampu mengetahui apa yang dimakan atau disimpan dalam rumah tanpa melihatnya.



Simak Video "Batal Naik Haji, Calon Jemaah Haji Tunisia Sumbangkan Uangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/fay)