Umur Baru 36 Tahun, Kekayaan Sudah Rp 1.550 Triliun

Umur Baru 36 Tahun, Kekayaan Sudah Rp 1.550 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 01 Sep 2020 19:31 WIB
Facebook CEO Mark Zuckerberg testifies remotely during a House Judiciary subcommittee on antitrust on Capitol Hill on Wednesday, July 29, 2020, in Washington. (Mandel Ngan/Pool via AP)
Mark Zuckerberg, masih muda dan kaya raya. Foto: AP/Mandel Ngan
Jakarta -

Pada usia 30-an tahun, sebagian orang sedang memantapkan karirnya, walau ada juga yang garis nasib belum menentukan demikian. Di samping itu, ada manusia yang begitu berlimpah kekayaan di usia tersebut.

Mungkin ada yang sudah bisa menebaknya, dia adalah Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook. Zuck lahir pada 14 Mei 1984. Artinya pada saat ini, dia baru berumur 36 tahun lebih sedikit.

Dalam usia itu, kekayaan terkini Zuck berdasarkan perhitungan Forbes adalah lebih dari USD 107 miliar. Jika dirupiahkan, maka harta suami Priscilla Chan itu lebih dari Rp 1.550 triliun.

Sangat sedikit orang yang punya kekayaan lebih dari USD 100 miliar. Dari jagat teknologi, hanya ada nama Jeff Bezos pemilik Amazon, Bill Gates pendiri Microsoft, Elon Musk pemilik Tesla dan SpaceX, serta Zuckerberg sendiri yang mencapai status itu belum lama ini.

Memang pria kelahiran New York ini tampaknya sangat berbakat kaya. Mark Zuckerberg adalah orang paling muda yang mampu meraih status miliarder atau kekayaan tembus USD 1 miliar, tepatnya pada umur 23 tahun. Itu dicapainya saat Facebook melantai di bursa saham.

"Dia adalah miliarder termuda dalam sejarah yang mengusahakan kekayaannya secara mandiri," ungkap Associate Editor Forbes, Matthew Miller, ketika itu.

Sebagai perbandingan, Bill Gates meraih status miliarder pada umur 31 tahun di 1987. Adapun runner up miliarder termuda setelah Zuck adalah pemilik Snapchat, Evan Spiegel, yang menjangkaunya pada umur 25 tahun.

Zuckerberg sendiri memang sudah giat mengembangkan Facebook sejak usia sangat muda. Cikal bakal Facebook adalah TheFacebook yang ia dirikan bersama beberapa rekan pada tahun 2004 atau saat dia masih berusia 20 tahun.

Kini Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di dunia dengan karyawan lebih dari 52 ribu orang. Pundi-pundi kekayaan Mark Zuckerberg pun diprediksi bakal terus bertambah.



Simak Video "Facebook Cs Anjlok, Mark Zuckerberg Rugi Hampir Rp 100 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)