Jadi Orang Pertama Berduit USD 200 Miliar, Jeff Bezos Didemo

Jadi Orang Pertama Berduit USD 200 Miliar, Jeff Bezos Didemo

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 29 Agu 2020 08:05 WIB
Jeff Bezos mencatat jumlah kekayaan tertinggi sepanjang masa. Kekayaan pendiri dan CEO Amazon ini melonjak Rp 105 triliun (kurs Rp 14.700/US$) hanya dalam semalam.
Jeff Bezos. Foto: Getty Images
Washington -

Jeff Bezos mencatatkan rekor sebagai orang pertama di dunia yang tercatat memiliki harta tembus USD 200 miliar atau nyaris Rp 3.000 triliun. Akan tetapi tak semua senang, terutama karena cukup banyak pegawai Amazon, raksasa toko online milik Bezos, masih kekurangan.

Dikutip detikINET dari Business Insider, lebih dari 100 demonstran berkumpul di depan mansion mewah kediaman Bezos di Washington. Mereka bahkan membawa guillotine, perangkat hukuman mati. Intinya, mereka memprotes gaji pegawai Amazon yang terhitung kecil.

Terlihat mantan pegawai gudang Amazon, Christian Smalls, menyuarakan aspirasinya. Smalls yang memang sering mengkritik Amazon ini meminta agar perusahaan menaikkan upah dari USD 15 per jam menjadi USD 30 per jam.

"Berilah alasan yang bagus kenapa kami tidak pantas mendapatkan gaji minimum USD 30 ketika pria ini menghasilkan USD 4.000 per detik," katanya memberi ilustrasi.

Smalls sendiri telah dipecat dari pekerjaannya di gudang Amazon, kabarnya karena meminta Amazon lebih ketat dalam melindungi pegawai dalam masa pandemi Corona. Ia mengklaim diberhentikan setelah mengorganisir walk out para pekerja lain.

Sejak itulah, dia sering memimpin demonstrasi yang menyasar Jeff Bezos serta Amazon. Terlebih Amazon memang mendulang untung sangat besar seiring orang makin sering berbelanja online di tengah pandemi Corona.

Harta Bezos sendiri tercatat telah melonjak sekitar USD 85 miliar sejak bulan Januari. Ia makin jauh meninggalkan pesaing utamanya, Bill Gates, di ranking kedua masusia paling kaya di dunia.

Suara kritik atas begitu besarnya kekayaan Bezos juga banyak muncul di media sosial. "Kemarin, Jeff Bezos menjadi orang pertama yang bernilai USD 200 miliar. Sedangkan 30 juta rumah tangga tidak punya cukup makanan minggu ini. Pajaki saja orang kaya," cuit Robert Reich, profesor di University of California Berkeley.



Simak Video "Ambisi Bos Amazon untuk Perpanjang Umur Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)