Melihat Pembuatan Selene, Komputer Super Nvidia

Melihat Pembuatan Selene, Komputer Super Nvidia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 18 Agu 2020 09:24 WIB
Nvidia Selene
Foto: Dok. Nvidia
Jakarta -

Nvidia pada Juni lalu membuat sebuah komputer super bernama Selene. Uniknya, mereka cuma butuh 3,5 minggu untuk membangun komputer super tersebut.

Selene bisa dibilang adalah komputer super yang unik karena menggunakan arsitektur GPU terakselerasi DGX SuperPOD. Bukan custom CPU kelas berat yang mendominasi daftar 500 komputer super terkencang.

Bahkan Selene ini adalah komputer super paling efisien kedua dalam daftar Green500, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (17/8/2020).

Selene menggunakan 560 prosesor AMD Epyc 7742 yang masing-masing punya 64 core, dan 2240 GPU Nvidia A100. Kekuatan komputasi maksimalnya mencapai hampir 35 ribu teraflops.

Tak seperti komputer super sebelumnya yang membutuhkan waktu berbulan-bulan dalam pembangunannya, Selene hanya membutuhkan waktu 3,5 bulan karena desainnya yang simpel dan modular. Begitu pula soal upgrade dan pemeliharaannya yang lebih mudah.

Ada 280 node yang dipakai oleh Selene, dan semua berbentuk POD terstandardisasi DGX. Masing-masing berisi delapan GPU Nvidia A100 dan dua CPU AMD Epyc. Setiap 16 pod itu tersimpan dalam kabinet yang kemudian dihubungkan menjadi SuperPOD.

Struktur seperti inilah yang membuat perakitan Selene menjadi sangat cepat. Karena yang terpenting adalah memindahkan setiap pod DGX ke tempat yang tepat dan menghubungkannya antara satu dengan lainnya.

Semua SuperPOD ini disimpan dalam sebuah gudang berpendingin udara. Posisinya sedikit lebih tinggi dari tanah, dengan kipas di bagian bawahnya untuk meniupkan udara segar ke pod DGX.

Sementara untuk memantau peralatan yang ada di Selene, Nvidia memanfaatkan robot kecil bernama Trip, yang dikontrol secara remote dan bakal terus bergerak untuk memantau komputer super tersebut. Lalu mereka pun membuat bot untuk Slack yang otomatis mengirimkan notifikasi saat ada kerusakan ataupun kabel yang terlepas di komputer itu.

Selene dipakai untuk pengembangan AI dan melatih neural network, dan sebagian dari Selene juga didedikasikan untuk meneliti virus Corona.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Netizen Serukan 'Comeback' Bu Susi"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)