Frances Allen, Pionir Penyusun Kode Komputer Meninggal Dunia

Frances Allen, Pionir Penyusun Kode Komputer Meninggal Dunia

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 10 Agu 2020 18:40 WIB
Frances Allen
Frances Allen, Pionir Penyusun Kode Komputer Meninggal Dunia (Foto: IBM)
Jakarta -

Industri komputer kehilangan tokoh teknologi penting dalam sejarah. Pionir komputasi dan penyusun kode Frances Allen, telah meninggal dunia.

Allen meninggal karena Alzheimer yang sudah lama dideritanya, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-88, pada 4 Agustus 2020. Perempuan ini dikenang atas kontribusinya dalam menyusun dan mengubah kode mentah menjadi file yang dapat dijalankan dengan cepat.

Sejak 1966 dan seterusnya, dia dan ilmuwan John Cocke menulis makalah yang merinci algoritma dan kerangka kerja yang membantu pekerjaan compiler menjadi jauh lebih efisien.

Hal ini mungkin lebih dekat dirasakan oleh para developer aplikasi. Buat yang pernah membuat aplikasi, kalian selama ini merasakan langsung kontribusi yang dilakukan oleh Allen semasa hidupnya.

Dikutip dari Engadget, Allen dan rekan-rekannya sesama ilmuwan komputer juga membuat perubahan berarti di bidang komputasi paralel, yang memungkinkan beberapa tugas dibagi di sejumlah sistem sehingga bisa lebih cepat diselesaikan.

Allen juga berperan penting dalam memajukan peran perempuan di bidang teknologi. Selain sebagai salah satu dari sedikit perempuan yang berkarir di masa-masa awal komputer, dia juga disegani sebagai perempuan yang menjabat mentor untuk komputasi.

Dia bergabung dengan IBM sebagai instruktur kode pada tahun 1957, dan berkat dorongannya, separuh dari grup compiler eksperimental di IBM terdiri dari perempuan selama tahun 1970-an hingga 1980-an.

Allen adalah wanita pertama yang menjadi IBM Fellow, sebuah gelar khusus dari IBM bagi mereka yang memiliki keahlian teknis yang menonjol. Dia juga menjadi orang pertama yang memenangkan Turing Award pada 2006. Penghargaan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) yang akan datang, direncanakan akan dinamai berdasarkan namanya.

Hasil kerja keras Allen akan bertahan untuk waktu yang sangat lama. Tanpa kalian sadari, aplikasi di komputer atau ponsel kalian bergantung pada kecepatan yang berasal dari kompiler modern, dan Allen adalah sosok yang membantu membuka pintu agar teknologi tersebut menjadi lebih inklusif.

Selamat jalan Allen...



Simak Video "#PrayForSigi Bergema, Kutuk Pembunuhan Sadis oleh Teroris MIT"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)