Warung Pecel Blitar Beri Internet Gratis untuk Belajar Online

Perjuangan Belajar Online

Warung Pecel Blitar Beri Internet Gratis untuk Belajar Online

Erliana Riady - detikInet
Sabtu, 08 Agu 2020 11:00 WIB
Warung Pecel di Blitar Bantu Belajar Online
Warung Pecel Blitar Beri Internet Gratis untuk Belajar Online (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Banyak upaya swadaya yang patut diacungi jempol untuk membantu belajar online. Warung pecel pun sampai memberikan layanan internet gratis.

Sebuah warung pecel sederhana memberikan internet gratis bagi pelajar di sekitarnya. Sang pemilik rela menyisihkan Rp 10 ribu keuntungan warungnya untuk memberikan fasilitas itu dan segelas teh bagi pelajar yang datang.

Warung pecel itu milik Wahyu Budi yang terletak di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Wahyu sengaja memasang sebuah papan bertuliskan 'Wifi gratis bagi sekolah online' sejak satu bulan terakhir.

Pria berusia 28 tahun ini merasa prihatin mendengar keluhan beberapa tetangganya. Mereka mengeluhkan mahalnya biaya pulsa kuota internet untuk belajar secara daring anak-anaknya, belum lagi masalah gadget untuk sekolah.

"Saya lalu rembukan sama ibu saya untuk memberikan fasilitas kepada pelajar yang masih bertetangga dekat. Kebetulan warung ini sudah saya pasang WiFi, jadi bisa dimanfaatkan anak-anak untuk belajar di sini," tutur Wahyu kepada detikcom, Jumat (7/8/2020).

Wahyu lalu memberitahu tetangga terdekat, agar anak-anak mereka belajar online di warungnya. Wahyu tidak membatasi waktu mereka, bahkan dia menyediakan segelas teh kemasan kepada semua pelajar yang memanfaatkan WiFi di warungnya.

Walaupun pandemi membuat omzet penjualan di warungnya menurun, tapi Wahyu tetap berniat membantu mengurangi beban para orang tua pelajar.

"Untuk bayar WiFi ini, saya sama ibu menyisihkan keuntungan Rp 10 ribu tiap hari. Walaupun jualan sekarang sepi, saya tetap akan berbagi. Karena hanya seperti ini cara saya berbagi ke yang membutuhkan," imbuhnya.

Sejak pagi sampai menjelang petang, masih banyak pelajar yang memanfaatkan wifi gratis di warung Wahyu untuk belajar online. Tak hanya pelajar SD, namun juga pelajar SMA. Satu diantaranya pelajar kelas 8 SMA, Lia Yuliana.

"Sangat terbantu dengan WiFi gratis di sini. Soalnya harga pulsa mahal. Selain itu, sering lemot sinyalnya. Kalau pakai WiFi di sini kan gratis dan sinyalnya juga lancar. Jadi makin cepat menyelesaikan tugas-tugas yang butuh mengambil data pakai internet," pungkasnya.



Simak Video "Video Kegigihan Anak Pulau Ikuti Belajar Online Raih Penghargaan"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)