Tonton Sekarang! Live Streaming Haji 2020 dengan Social Distancing

Tonton Sekarang! Live Streaming Haji 2020 dengan Social Distancing

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 29 Jul 2020 19:35 WIB
Muslim pilgrims line up as they leave after they circle the Kaaba, the cubic building at the Grand Mosque, as they keep social destination to protect themselves against Coronavirus a ahead of the Hajj pilgrimage in the Muslim holy city of Mecca, Saudi Arabia, Wednesday, July 29, 2020. During the first rites of hajj, Muslims circle the Kaaba counter-clockwise seven times while reciting supplications to God, then walk between two hills where Ibrahims wife, Hagar, is believed to have run as she searched for water for her dying son before God brought forth a well that runs to this day. (AP Photo)
Proses tawaf dalam haji tahun 2020 dengan social distancing (Foto: AP/STR)
Jakarta -

Jangan ketinggalan link live streaming haji 2020. Haji tahun ini digelar dengan jamaah terbatas dan social distancing karena pandemi virus Corona.

Berbeda dengan tahun lalu, ibadah haji tahun 2020 hanya diikuti 10 ribu jamaah saja. Mereka adalah warga Arab Saudi dan warga negara asing yang tinggal di sana.

Tentu banyak umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia, merasa kehilangan momen-momen spesial ini. Jamaah haji dari Indonesia tidak bisa berangkat semua tahun ini karena pandemi COVID-19.

Demi keamanan, pihak Arab Saudi memang tidak mau mengambil risiko. Pada Rabu (29/7/2020) dimulailah prosesi ibadah haji sampai 5 hari ke depan.

Kementerian Haji Saudi mengatakan penduduk non-Saudi yang tinggal di Saudi berasal dari sekitar 160 negara. Mereka bersaing dalam proses seleksi online namun tidak disebutkan berapa banyak yang mendaftar.

Untuk Anda yang kangen dengan suasana haji di Makkah, jangan khawatir. Teknologi memudahkan kita untuk melihat suasana prosesi haji di Masjidil Haram dengan live streaming haji.

Live streaming haji 2020 bisa langsung dipantau di Youtube. Ada beberapa pilihan channel misalnya dengan komentator, atau langsung tayangan kamera dari Masjidil Haram misalnya dari channel قناة القران الكريم .

Dalam tayangan itu kita bisa melihat bagaimana prosesi haji dilakukan dengan prosedur COVID-19. Untuk proses Tawaf mengelilingi Ka'bah dilakukan dengan social distancing. Jamaah mengikuti garis lingkaran yang sudah disediakan.

Jamaah pun tidak bisa mendekati Ka'bah karena dipagari untuk mencegah penularan COVID-19. Pun demikian dengan prosesi Sa'i. Jalur Sa'i dari Shafa ke Marwa tampak bahkan lebih sepi dari pada waktu Umrah.

Pada saat Sa'i tampak jamaah berbaris memanjang sesuai rombongannya. Namun tampaknya lebih susah mengatur jarak saat Sa'i dibandingkan saat Thawaf.

Link live streaming haji 2020 dengan social distancing bisa ditonton di link ini, atau di bawah ini. Tips menonton, langsung saja geser timestamp di layar video untuk melihat adegan Thawaf dan Sa'i dengan social distancing:

[Gambas:Youtube]



(fay/asj)