PS Store Terciduk, Erajaya Apresiasi Bea Cukai

PS Store Terciduk, Erajaya Apresiasi Bea Cukai

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 28 Jul 2020 20:11 WIB
Pada hari ini, Senin (17/2/2020) pemerintah bersama operator seluler melakukan uji coba pemblokiran ponsel black market (BM).
Ilustrasi ponsel ilegal (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta berhasil menyita ratusan handphone (HP) ilegal dari tangan PS yang merupakan pemilik PS Store. Upaya ini mendapat apresiasi Erajaya yang merupakan distributor resmi sejumlah brand ponsel, salah satunya iPhone.

"Kami memberikan apresiasi kepada pihak Bea dan Cukai atas tindakannya untuk menindak penjual iPhone ilegal dan apalagi dengan penerapan program IMEI kontrol maka diharapkan tidak ada lagi barang ilegal," kata Hasan Aula, CEO Erajaya kepada detikINET, Selasa (28/7/2020).

"Penjualan barang ilegal akan merugikan pemerintah dari segi pajak," tegasnya.

Dihubungi terpisah Head of Marketing Communications Erajaya Group Djunadi Satrio mengatakan pihaknya sangat menghargai upaya pemerintah yang telah melakukan penindakan terhadap penjual ponsel ilegal. Pasalnya aksi tersebut akan merugikan banyak pihak.

"Penjualan barang ilegal merugikan pemerintah dari segi pajak, perlindungan kepada konsumen terutama dalam kaitan dengan penerapan IMEI kontrol yang diberlakukan saat ini," kata Djunadi.

Diberitakan sebelumnya akun resmi Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta, yaitu @bckanwiljakarta mengungkap penangkapan pemilik PS Store. Penangkapan ini dilakukan atas pelanggaran pasal 103 huruf d Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang kepabeanan.

"Tersangka berinisial PS telah diserahkan beserta barang bukti antara lain 190 handphone bekas berbagai merek dan uang tunai hasil penjualan sejumlah Rp 61.300.000," tulis akun Twitter @bckanwiljakarta yang dikutip detikcom.

Pihak Bea Cukai Jakarta mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk bijak dan hati-hati dalam berbelanja, khususnya jangan sampai tergoda dengan tawaran harga yang murah.



Simak Video "Status Hukum Bos PS Store Putra Siregar Jadi Tahanan Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)