Font yang Jadi Raja Poster Film Beken, Bisa Tebak?

Font yang Jadi Raja Poster Film Beken, Bisa Tebak?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 27 Jul 2020 09:17 WIB
Poster terbaru Game of Thrones musim keenam
Font yang jadi raja di poster film-film, bisa tebak? Foto: HBO
Jakarta -

Bicara soal film, erat kaitannya dengan poster. Dan ketika menyentuh ranah poster, ada font atau rupa huruf yang banyak digunakan di film-film terbaik sepanjang masa.

Bisa kalian tebak font mana kah itu? Comic Sans? Arial? Calibri? Bukan. Para desainer pasti bisa menebak dengan mudah nih. Jawabannya adalah Trajan!

Pada tahun 1989, terinspirasi oleh tulisan di dasar Kolom Trajan (kolom kemenangan yang merayakan Kaisar Romawi abad pertama Trajan), seorang desainer bernama Carol Twombly menciptakan font Trajan. Font ini kemudian digunakan sebagai salah satu font standar dalam Adobe.

Ketika bicara film dengan desain keren seperti Game of Thrones atau Titanic, ada peranan font yang mendorongnya tampil keren. Bisa tebak yang mana?Ketika bicara film dengan desain keren seperti Game of Thrones atau Titanic, ada peranan font yang mendorongnya tampil keren. Bisa tebak yang mana? Foto: Medium

Tahun 1992, Trajan mulai muncul di poster film, dimulai dengan 'At Play In the Fields of Lord'. Meski berumur sudah cukup 'tua', Trajan langgeng digaet dalam pembuatan poster film-film ternama, sebagaimana dikutip dari Mental Floss.

Jika font-font lain biasanya cocok pada satu genre seperti Comic Sans untuk tema yang lebih fun, Trajan telah menghiasi film-film beragam jenis seperti 'Titanic', film sci-fi termasuk 'Minority Report' dan Stargate', drama yang menyentuh seperti A Beautiful Mind, sampai series HBO populer Game of Thrones.

Yves Peters, desainer grafik kepada Vox mengaku telah mengamati sekitar 16 ribu poster selama 2006-2018 dan menyadari adanya peningkatan penggunaan font Trajan.

"Ini awalnya digunakan untuk film epik, film tentang orang yang melewati kesulitan seperti perang dan lainnya. Tapi Anda melihat ini secara gradual menjadi standar font dalam film," katanya.

Kendati berbeda dengan zaman dahulu di mana orang masih menggunakan desain tulisan poster dengan lukisan tangan, font Trajan yang dijadikan seakan sebagai 'standar baku' dinilai dapat menjadi suatu efisiensi film. Peters mengatakan ada banyak hal yang bisa diperhatikan dari sebuah poster yang bagus, bukan sekadar dari font-nya saja.



Simak Video "Nama Anak Sophie Turner-Joe Jonas Diambil dari Karakter 'GOT'"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)