Bos Fortnite Kritik Keras App Store dan Play Store

Bos Fortnite Kritik Keras App Store dan Play Store

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 25 Jul 2020 21:00 WIB
Apple App Store
App Store. Foto: internet
Jakarta -

Bos Epic Games, Tim Sweeney, melontarkan kritik keras pada toko aplikasi App Store milik Apple dan Play Store besutan Google. Epic Games adalah produsen game dengan produk paling populer adalah Fortnite.

App Store disebutnya sebagai monopoli absolut sedangkan Play Store menyingkirkan kompetitor. Fortnite sendiri secara konsisten adalah salah satu aplikasi yang menghasilkan paling banyak uang di toko aplikasi.

Namun berdasarkan kebijakan App Store dan Play Store, Fortnite harus menyetor 30% pendapatannya pada mereka. Mungkin inilah salah satu pemicu Sweneey melontarkan kecamannya.

"Apple telah mengunci dan melumpuhkan ekosistem dengan menemukan monopoli absolut dalam hal distribusi software, juga dalam monetisasi software," kritiknya seperti dikutip detikINET dari CNBC.

Tahun 2019, perusahaan ini merilis Epic Games Store, platform distribusi software di komputer Windows dan Mac dengan hanya fee 12%. Akan tetapi aplikasi ini tidak bisa diluncurkan di iPhone karena Apple punya aturan ketat yang mencegah ada toko software di App Store.

"Mereka mencegah seluruh kategori bisnis dan aplikasi dari ekosistem mereka dengan menghadang kompetitor dari setiap aspek bisnis yang mereka lindungi," sergah Sweeney.

Sweeney pernah menyebut bahwa perusahaannya masih mencoba memasukkan Epic Games Store ke Android. Namun belakangan ia menyebut kebijakan Google sama saja seperti Apple di App Store. "Google pada dasarnya mencekik toko kompetitor dengan pembatasan user interface serta dihalang-halangi," tudingnya.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)