Bill Gates Jawab Tuduhan Mau Tanam Microchip Bareng Vaksin Corona

Bill Gates Jawab Tuduhan Mau Tanam Microchip Bareng Vaksin Corona

Fino Yurio Kristo, Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 23 Jul 2020 16:30 WIB
NEW YORK, NY - SEPTEMBER 27:  Bill Gates attends the Plenary Session: Investing in Prevention and Resilient Health Systems during the second day of the 2015 Clinton Global Initiatives Annual Meeting at the Sheraton New York Hotel & Towers on September 27, 2015 in New York City.  (Photo by JP Yim/Getty Images)
Bill Gates. Foto: Getty Images
Seattle -

Salah satu kabar liar yang banyak beredar di internet adalah, Bill Gates getol membantu pengembangan vaksin Corona lantaran ada misi terselubung menanamkan microchip ke orang-orang. Sang pendiri Microsoft pun memberikan jawaban soal tudingan tersebut.

Yayasan Bill Gates memang telah menggelontorkan dana jutaan untuk riset vaksin dan obat Corona. Ironisnya, cukup banyak yang percaya misinya tidak sepenuhnya murni.

Polling di Amerika Serikat oleh Yahoo News/YouGov baru-baru ini mengungkap bahwa 28% orang dewasa AS percaya teori konspirasi bahwa Gates akan menyalahgunakan vaksin Corona untuk mengimplan microchip ke miliaran orang untuk mengawasi pergerakan mereka.

"Tidak ada hubungannya antara vaksin tersebut dan tipe pelacak apapun, sama sekali. Saya tidak tahu dari mana (teori itu) berasal," kata Gates dalam wawancara terbaru dengan CBS yang dikutip detikINET.

Ya, Bill Gates merasa bingung mengapa ia sering menjadi sasaran teori konspirasi semacam itu. Ia mengklaim bahwa tujuannya hanyalah untuk mengakhiri pandemi Corona secepat mungkin. "Beberapa dari teori itu sungguh ironis. Yayasan kami adalah tentang menurunkan kematian dan membawa kesetaraan dalam kesehatan. Tapi kami malah dituduh menciptakan chip atau virusnya," lanjutnya.

"Saya pikir kita hanya perlu membuat kebenarannya terbuka. Kami perlu menjelaskan nilai-nilai kami sehingga orang-orang mengerti kenapa kami terlibat dalam pekerjaan ini dan kenapa kami mau mengucurkan ratusan juta atau miliaran dolar untuk mengakselerasi kemajuan," jelas dia.

"Sedikit tidak jelas bagi saya (dari mana asalnya) tapi saya harap (teori) itu akan lenyap saat orang-orang mendapatkan faktanya," imbuhnya.

Ini bukan pertama kali Gates membantah tudingan implan microchip. "Saya tidak pernah terlibat dalam hal microchip apapun. Agak berat membantah hal ini karena sangatlah bodoh atau aneh," kata Gates pada awal Juni silam.

"Itu sungguh aneh sehingga hampir-hampir Anda ingin melihatnya sebagai sesuatu yang humoris tapi itu benar-benar bukan sebuah humor," tambah Bill Gates, dikutip detikINET dari USA Today.



Simak Video "Akun Twitter Obama, Kim Kardashian, hingga Bill Gates Diretas!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)