Elon Musk Akan Tanam Chip di Otak untuk Streaming Musik

Elon Musk Akan Tanam Chip di Otak untuk Streaming Musik

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 21 Jul 2020 13:12 WIB
Neuralink
Elon Musk Akan Tanam Chip di Otak untuk Streaming Musik (Foto: The Independent)
Jakarta -

Startup Neuralink milik Elon Musk saat ini sedang menggarap interface komputer yang terkoneksi dengan otak manusia. Salah satu fungsinya, pengguna teknologi ini bisa streaming musik langsung ke otak mereka.

Pria yang juga memimpin SpaceX dan Tesla ini rencananya akan mengungkap sejumlah informasi baru mengenai startupnya yang masih misterius itu bulan depan. Namun sedikit demi sedikit, dia mulai memberikan bocoran mengenai apa yang sedang dikerjakan Neuralink.

Tak hanya untuk streaming musik secara langsung ke otak, teknologi ini juga dikembangkan untuk membantu mengontrol tingkat hormon yang akan berguna untuk mengobati kecemasan dan penyakit lain terkait dengan otak dan psikologis.

Dikutip dari The Independent, sejak didirikan pada 2016, Neuralink hanya pernah satu kali melakukan presentasi ke publik mengenai bagaimana teknologi yang dikembangkannya akan bekerja.

Pada 2019, dalam sebuah acara teknologi, Musk mengatakan bahwa Neuralink sedang mengembangkan perangkat berwujud seperti mesin jahit yang fungsinya menghubungkan komputer dengan chip yang ditanamkan di otak manusia.

Saat mulai digunakan, teknologi ini nantinya akan membantu orang-orang dengan penyakit di otak seperti Parkinson. Namun tujuan akhir dari Neuralink adalah memungkinkan manusia berkompetisi dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

"Proses menanam chip di otak akan mirip dengan operasi lasik pada mata," kata Musk saat menjelaskan tentang teknologi Neuralink ke publik untuk pertama kalinya.

Salah satu bagian dari proses menanam chip di otak ini juga akan melibatkan robot bedah saraf yang akan mencocokkan 'benang-benang' fleksibel ke otak yang terhubung ke chip komputer.

Awal bulan ini, Musk juga memberi bocoran kalau chip Neuralink akan bisa digunakan untuk mengobati depresi dan kecanduan dengan melatih lagi bagian-bagian otak yang menyebabkan depresi atau kecanduan.

Uji coba teknologi ini pada hewan dan manusia dijadwalkan akan dilakukan tahun ini, namun belum ada pengumuman resmi terkait hal tersebut. Kemungkinan Musk akan mengumumkan informasi lebih detail bulan depan sesuai jadwal.



Simak Video "Elon Musk 'Cuti' dari Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)