Bill Gates Bilang India Bisa Buat Vaksin Corona untuk Seluruh Dunia

Bill Gates Bilang India Bisa Buat Vaksin Corona untuk Seluruh Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 21 Jul 2020 06:36 WIB
Bill Gates
Bill Gates. Foto: Reuters
New Delhi -

Industri farmasi India kemungkinan mampu untuk memproduksi vaksin Corona untuk seluruh dunia. Demikian dikatakan oleh Bill Gates yang memang giat mendanai pembuatan vaksin Corona.

Dikutip detikINET dari India Today, pendiri Microsoft yang saat ini berkecimpung di filantrofi itu menyatakan industri farmasi India telah melakukan banyak hal penting dan saat ini berperan dalam usaha produksi vaksin Corona.

Berbicara dalam video dokumenter 'COVID-19: India's War Against The Virus', Gates menyebut bahwa memang India menghadapi tantangan besar jika menghadapi krisis kesehatan semacam pandemi Corona. Itu karena populasi dan ukuran negara itu amat besar.

Akan tetapi, Gates meyakini jika perusahaan-perusahaan farmasi India cukup mampu mensuplai vaksin Corona ke seluruh dunia.

"India punya banyak kapasitas, dengan perusahaan-perusahaan obat dan vaksin yang merupakan penyuplai besar untuk seluruh dunia. Anda tahu, lebih banyak vaksin dibuat di India daripada di manapun," cetusnya.

"Serum Istitute, itulah yang terbesar. Tapi ada juga Bio E, Bharat, banyak yang lainnya. Mereka bekerja untuk membantu pembuatan vaksin Corona, dibuat pada kapasitas besar yang mereka pakai untuk penyakit lain," tambah Gates.

Yayasan Bill Gates sendiri berupaya membantu India memerangi pandemi Corona yang merebak di sana. Apalagi mereka sudah cukup lama bekerja dengan pemerintah India untuk melawan penyakit lain di masa silam.

Pada kesempatan sebelumnya, Gates berharap obat maupun vaksin Corona tidak boleh dikuasai oleh pihak tertentu yang memberikan penawaran tertinggi melainkan wajib tersedia bagi negara-negara dan orang yang paling memerlukan. Jika dibiarkan bergantung pada kekuatan pasar, maka pandemi akan berlangsung makin lama.

"Jika kita biarkan obat dan vaksin Corona jatuh ke penawar tertinggi, ketimbang orang dan tempat yang paling memerlukannya, kita akan mengalami pandemi mematikan ini lebih lama," katanya.



Simak Video "Siti Fadilah Supari Curigai Kejanggalan Vaksin Corona Bill Gates"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)