Masker Corona Canggih! Bisa Tangkal Virus dan Jadi Translator

Masker Corona Canggih! Bisa Tangkal Virus dan Jadi Translator

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 16 Jul 2020 17:30 WIB
masker canggih
Masker Canggih! Tak Cuma Tangkal Virus, Bisa Juga Jadi Translator (Foto: Donut Robotics)
Jakarta -

Sejumlah penelitian menyebutkan masker efektif mencegah penularan virus Corona. Perusahaan asal Jepang, membuat masker Corona canggih yang tak hanya berfungsi menangkal virus, tetapi juga bisa menerjemahkan bahasa.

Donut Robotics, nama perusahaan teknologi tersebut, memberi gambaran bagaimana sebuah masker akan bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Mereka mengembangkan masker pintar bernama C-Face.

Dikutip dari Robb Report, C-Face pada dasarnya merupakan casing berbahan plastik yang ditempelkan ke bagian atas masker yang biasa kita pakai.

Fungsi dari alat ini adalah membantu lawan bicara memahami ucapan kita yang mulutnya tertutup masker. Selain bahasa Jepang, alat translator atau penerjemah ini juga bisa menerjemahkan bahasa Inggris, China, Prancis, Korea, Thailand, dan Indonesia.

C-Face terkoneksi dengan Bluetooth yang akan menampilkan terjemahan pada ponsel pintar. Pembuatnya mengingatkan, masker Corona ini dirancang untuk digunakan sebagai pendamping masker tradisional.

masker canggihFoto: Donut Robotics

Meski demikian tak perlu khawatir, Donut Robotics menjamin C-Face akan tetap lancar menerjemahkan ucapan, sehingga pengguna tetap dapat menggunakan masker tradisional dengan nyaman.

"Kami bekerja keras bertahun-tahun mengembangkan robot dan kami menggunakan teknologi tersebut untuk menciptakan produk yang merespons bagaimana virus Corona mengubah masyarakat," kata CEO Donut Robotics Taisuke Ono.

C-Face rencananya akan mulai dipasarkan akhir tahun di Jepang dan secara bertahap akan merambah negara lain secara global. Sejauh ini belum ada banderol resmi untuk produk masker Corona canggih tersebut, namun diperkirakan harganya akan berkisar di angka USD 40 atau sekitar Rp 500 ribuan.

[Gambas:Youtube]



(rns/fay)