Open Source Diandalkan Jadi Pahlawan Era New Normal

Open Source Diandalkan Jadi Pahlawan Era New Normal

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 11 Jul 2020 06:36 WIB
ilustrasi komputer
Open Source Diandalkan Jadi Pahlawan Era New Normal (Foto: unsplash)
Jakarta -

Di era new normal, ketika hampir semua bidang bergantung pada teknologi, platform open source diandalkan dan menjadi pahlawan.

Disebutkan Julyanto Sutandang, CEO Equnix Business Solutions, perusahaan lokal penyedia solusi IT berbasis software open source, platform open source adalah masa depan karena menawarkan efisiensi, kemandirian, kedaulatan dan kebebasan dalam mengadopsi teknologi.

"Sejak awal kami selalu optimistis dan percaya bahwa open source adalah solusi masa depan. Selain efisiensi, open source memungkinkan kita mengadopsi teknologi apapun secara bebas dan mandiri serta future proof," sebutnya dalam keterangan tertulis.


Di usianya yang menginjak 13 tahun pada Selasa (7/7) lalu, disebutkan Julyanto bahwa identitas perusahaannya sebagai solusi IT andal untuk segala kebutuhan, kini semakin kuat.

"Terbukti ketika pandemi COVID-19 menghantam dunia, kami tetap bisa melaluinya dengan mulus dan tidak gagap dalam menghadapi tuntutan perubahan teknologi yang berubah drastis," sambungnya.

Selama itu, Equnix diklaim konsisten mengembangkan ekosistem open source di semua lini penting di Indonesia, dari hulu hingga hilir. Di dunia pendidikan misalnya, Equnix sejak 2018 sudah membangun ekosistem yang paling dasar, yakni sumber daya manusia melalui kampanye 'Open source goes to campus'.

Kampanye tersebut terus berlangsung hingga kini ke berbagai perguruan tinggi dan swasta di Malang, Surabaya, Kediri, Jember, Semarang, Yogyakarta, Bali, dan Palembang.

Di era disrupsi dan Revolusi Industri 4.0, mahasiswa perlu mengembangkan diri untuk menghadapi tantangan yang dinamis. Kampanye edukasi tentang software open source diharapkan bisa memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa tentang manfaat dan efisiensi software open source di lingkungan bisnis.

Sedangkan di dunia korporat, Equnix tak hanya menyediakan solusi IT untuk bisnis, tetapi juga terlibat menyiapkan sumber daya manusia bekerja sama dengan APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM). Jumlah anggotanya mencapai 850 kampus informatika dan komputer serta 1.560 program studi.

Kondisi new normal yang bertumpu pada teknologi juga menghadirkan risiko keamanan. Equnix menjawabnya dengan menghadirkan 11DB, produk Relational Database Management System (RDBMS) dengan lisensi komersial yang bisa dengan mudah bekerja dalam sistem ANSI-SQL dan PostgreSQL open source.

Solusi ini ditujukan bagi segmen bisnis terutama untuk kebutuhan finansial yang membutuhkan kemampuan memproses transaksi yang tinggi dan aman.

11DB diklaim menjamin semua kebutuhan utama di segmen tersebut bisa dipenuhi dengan baik karena merupakan area of core competence dari 11DB, yakni Reliability, High Availability, dan Scalability.

Pada masa pandemic seperti saat ini, untuk bisa bersaing, perusahaan harus memiliki infrastruktur IT yang mumpuni, manajemen data yang mandiri, aman, luwes, dan andal. Sistem database open source terlihat bisa diandalkan.



Simak Video "Didiet Maulana Imbau Masyarakat Makin Bijak saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)