PP-IPTEK TMII Siapkan Virtual Tour Pasca Pandemi COVID-19

PP-IPTEK TMII Siapkan Virtual Tour Pasca Pandemi COVID-19

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 09 Jul 2020 21:37 WIB
Asik! Tempat Belajar Sains di TMII Buka Lagi, Pakai Protokol COVID-19
Ilustrasi PP-IPTEK TMII (Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET)
Jakarta -

PP-IPTEK menyiapkan virtual tour untuk membuat kunjungan tanpa harus ke lokasi yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pandemi COVID-19 membuat percepatan digitalisasi tak terelakkan.

"Pandemi COVID-19 mempercepat dari 3.0 menjadi 4.0, nanti kita akan siapkan tour jadi tanpa harus ke sini. Tahun depan sudah ada sekolah yang booking. Entah namanya Virtual Tour atau Inovasi Indonesia, kami sedang mempersiapkan agar pengunjung bisa menonton alat peraga PP-IPTEK dari rumah," ucap M Syachrial Annas, Direktur PP-IPTEK saat ditemui, Kamis (9/7/2020).

Saat ini PP-IPTEK TMII tengah mencari formula yang tepat untuk membuat sensasi belajar dengan suasana yang fun bisa terwujud meski lewat video dan internet. PP-IPTEK pun melihat ini sebagai suatu potensi besar.

"Dari ujung Papua pun selama ada akses internet mereka bisa melihat. Kita hanya siapkan satu ruang convention room atau namanya apa, mereka bisa lihat," sambung Syachrial.

Ika Mian Karlina, Kepala Sub Divisi Promosi & Kerjasama PP-IPTEK TMII mengatakan rencana pembuatan virtual tour ini masih terus digodok. Namun rencana rilisnya sudah ada.

"Rencana membuat virtual tour atau apa itu, namanya masih kita cari. Akan kami rilis, prosesnya sudah kami jalankan, (perkiraan) rilis Januari 2021. Konsep secara besar virtual tour pengunjung kami siapkan cara mengoperasikan ada video, kita shoot fenomena, kita ulas secara materi sains di balik alat peraga. Ada animasi, rumus, kita tetap pada konsep sains center, tentunya tidak sedalam yang akan dijelaskan di sekolah," katanya.



Simak Video "TMII Dibuka, Sejumlah Pengunjung Gunakan Face Shield"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)