Ini Alasan Telkom Akhirnya Buka Blokir Netflix

Ini Alasan Telkom Akhirnya Buka Blokir Netflix

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 07 Jul 2020 15:51 WIB
Netflix
Ini Alasan Telkom Akhirnya Buka Blokir Netflix (Foto: Netflix)
Jakarta -

Resmi sudah, Netflix bisa diakses melalui layanan Telkom. Artinya, pengguna IndiHome, Telkomsel, dan Wifi.id bisa mengakses konten video yang ada di Netflix. Apa alasan Telkom akhirnya membebaskan akses Netflix?

Menurut Telkom, Netflix sudah menunjukkan komitmennya untuk bisa diterima oleh masyarakat Indonesia lewat langkah yang mereka lakukan. Seperti kehadiran sistem untuk melakukan pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control).

"Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan," jelas Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, Selasa (7/7/2020).

Di samping itu, Netflix menyepakati komitmen kepatuhan pada "Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN". Salah satu kesepakatan adalah tidak menayangkan prohibited content yakni konten melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) serta yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Memang sudah cukup lama antara pihak Telkom dan Netflix berdiskusi intens untuk memuluskan rencana membuka pemblokiran. Pada pertengahan Juni, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan komunikasi antara kedua belah pihak masih terus berlangsung.

"Terkait Netflix, saat ini kami masih terus berdiskusi dengan Netflix dan Insya Allah bisa menutup gap yang ada," ujar Ririek kala itu.

Ririek menjelaskan poin persoalan yang dihadapi penyedia layanan video on demand asal Amerika Serikat (AS) itu ada soal kebijakan mereka soal take down konten di platformnya.

"Poinnya adalah kepada lebih pemenuhan compliance, khususnya terkait dengan take down. Kita mengharapkan Netflix bisa lebih memberdayakan atau menggunakan berbagai konten yang diproduksi secara lokal di Indonesia," tuturnya.

Kini, kedua pihak sudah mencapai titik temu sehingga akhirnya Netflix bisa melenggang di layanan milik Telkom.



Simak Video "Berkah Ulang Tahun! Telkom Akhirnya Buka Blokir Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)