Elon Musk Bantu Bikin Vaksin Corona yang Didukung Bill Gates

Elon Musk Bantu Bikin Vaksin Corona yang Didukung Bill Gates

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 04 Jul 2020 06:32 WIB
Elon Musk Lawsuit
Elon Musk. Foto: Getty Images
Jakarta -

Elon Musk mengumumkan bahwa perusahaan mobil listrik yang dipimpinnya, Tesla, akan membantu membuat vaksin Corona yang dikembangkan oleh perusahaan CureVac di Jerman.

Dikutip detikINET dari Reuters, CureVac sebelumnya menyatakan telah membuat perangkat produksi mRNA portabel dan otomatis yang mereka sebut sebagai printer. Sedangkan Musk mendeskripsikannya sebagai 'RNA microfactories'.

Berdasarkan 'resep' yang dimasukkan ke mesinnya, perangkat ini dapat membantu produksi vaksin Corona yang dikembangkan CureVac. Pabrik mikro tersebut akan dibangun di fasilitas Tesla di Jerman.

"Tesla, sebagai proyek sampingan, membangun pabrik mikro RNA untuk CureVac dan mungkin yang lain," cuit Musk di Twitter.

CureVac juga sudah punya fasilitas produksi yang disetujui otoritas Jerman seandainya vaksin mereka terbukti manjur. Kapasitasnya bisa menghasilkan sampai ratusan juta dosis.

Salah satu pendukung kandidat vaksin Corona besutan CureVac adalah Bill Gates, yang menggelontorkan dana melalui yayasannya, Bill & Melinda Gates Foundation. CureVac adalah salah satu pionir pembuatan vaksin dengan pendekatan RNA.

"Ada pendekatan bernama vaksin RNA di mana pihak seperti Moderna, CureVac dan lainnya menggunakannya, yang pada tahun 2015 kami identifikasi sangat menjanjikan untuk pandemi ataupun aplikasi lainnya," cetus Gates belum lama ini.

Menyuntikkan 'messenger RNA' ke dalam jaringan manusia akan membuatnya tumbuh di dalam tubuh, sehingga akan memicu respons imun tanpa harus sepenuhnya menginfeksi seseorang dengan virus.



Simak Video "Elon Musk Menolak Disuntik Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)