Google Hadirkan Dinosaurus di Dunia Nyata Lewat AR

Google Hadirkan Dinosaurus di Dunia Nyata Lewat AR

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 02 Jul 2020 12:36 WIB
Google AR Dinosaurus
Google Hadirkan Dinosaurus di Dunia Nyata Lewat AR Foto: Google
Jakarta -

Melihat dan mempelajari dinosaurus di buku atau film sudah biasa. Berkat teknologi augmented reality (AR) Google sekarang bisa menghadirkan dinosaurus di dunia nyata.

Mencari objek di Google Search untuk ditampilkan secara 3D di rumah dan di lingkungan sekitar menggunakan AR memang sudah bisa dilakukan sejak akhir tahun lalu.

Tapi baru kali ini katalog AR Google menampilkan berbagai macam spesies dinosaurus. Sebelumnya mereka telah menampilkan model 3D berbagai spesies binatang, model anatomi tubuh manusia dan lunar modul misi Apollo 11.

Dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (2/7/2020) katalog AR terbaru yang bisa ditampilkan Google mencakup 10 spesies dinosaurus. Kehadiran dinosaurus ini merupakan hasil kerjasama Google dengan Universal, studio film Hollywood yang memproduksi seri Jurassic World, Amblin dan Ludia.

Desain dan grafis dinosaurus ini sendiri diambil dari Ludia, developer yang mengembangkan game mobile augmented reality Jurassic World Alive.

10 Dinosaurus yang bisa kalian cari dan tampilkan di rumah antara lain Tyrannosaurus rex, Velociraptor, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon dan Parasaurolophus.

Untuk memuat seekor Tyrannosaurus rex di ruang tamu atau kamar tidur tentu akan sedikit sulit. Google mengatakan ukuran binatang AR ini akan secara otomatis disesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Tapi kalian juga tetap bisa melihat dinosaurus ini dalam ukuran aslinya dengan cara klik 'View actual size'.

Untuk menghadirkan dinosaurus di rumah kalian, pertama harus memiliki ponsel yang mendukung AR. Jika kalian menggunakan ponsel dengan Android 7 ke atas, pastikan ponsel kalian didukung ARCore, dan jika kalian menggunakan iPhone pastikan telah menjalankan iOS 11.

Jika sudah memiliki perangkat yang dibutuhkan, buka browser apa pun di ponsel Android atau aplikasi Google. Kalau menggunakan iPhone, gunakan browser Safari atau Chrome.

Cukup cari dinosaurus yang ingin kalian tampilkan di Google Search, misalnya Tyrannosaurus rex. Jika hasil pencarian keluar, scroll ke bawah dan klik 'View in 3D' lalu klik 'View in your space' untuk menampilkannya di lingkungan kita.

Kalian juga bisa merekam aksi dinosaurus ini lewat klip video pendek menggunakan tools perekam AR milik Google atau screen recording di iOS.



Simak Video "Ngeri! Ini Dia Beragam Teori tentang Kemusnahan Hidup di Muka Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)