Penting! Perhatikan Hal Ini Agar Aman Saat Transaksi Online

Penting! Perhatikan Hal Ini Agar Aman Saat Transaksi Online

Abu Ubaidillah - detikInet
Senin, 29 Jun 2020 13:07 WIB
Belanja online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Keamanan bertransaksi secara online menjadi hal yang perlu diperhatikan. Alih-alih mendapatkan barang yang diinginkan, bila tidak hati-hati maka justru hal buruk yang akan menimpa. Terlebih selama pandemi ini, transaksi yang dilakukan secara digital mengalami peningkatan.

Manager ShopeePay, Cindy Candiawan pun berharap agar masyarakat Indonesia tetap senantiasa dapat secara efektif memenuhi kebutuhan sehari-harinya terutama menggunakan transaksi nontunai seperti anjuran dari Bank Indonesia untuk transaksi digital selama masa pandemi.

"Sebagai perusahaan berbasis teknologi, kami memiliki peran dan fungsi sosial untuk dapat senantiasa memberikan kemudahan dan efektivitas bertransaksi secara nontunai kepada masyarakat Indonesia," ujar Cindy dalam keterangan tertulis, Jumat (12/6/2020).

Agar tetap aman saat melakukan transaksi online, perhatikanlah beberapa hal berikut seperti dilansir dari Shoutmeloud ini.

1. Transaksi Pada Situs yang Menggunakan HTTPS

Hindari transaksi pada situs yang hanya menggunakan HTTP, pilihlah situs yang menggunakan HTTPS (tersertifikasi SSL) karena situs ini lebih terlindungi dari peretas dan penjahat cyber potensial.

2. Jangan Memberikan Identitas Apapun Kepada Orang Lain

Ini adalah hal yang sangat penting, jangan pernah memberikan informasi apapun seperti nama, nomor kontak, alamat email, hingga informasi penagihan ke orang lain. Selain itu, jangan pula berikan kode verifikasi saat hendak login ke akun e-commerce kepada orang lain karena banyak orang yang tertipu setelah membagikan kode verifikasi ini ke pihak yang tak dikenal.

3. Jangan Sembarang Membuka Tautan

Bila menemukan tautan-tautan yang mencurigakan, terutama yang tidak menggunakan HTTPS, hati-hatilah sebelum membukanya, karena ada potensi tautan tersebut memiliki virus yang dapat membobol informasi pribadi Anda.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat bertransaksi online agar tetap aman dan menghindari tindakan kejahatan yang tidak diperlukan. Bertransaksilah pada situs e-commerce terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya seperti melalui Shopee karena di Shopee memiliki sistem keamanan terintegrasi karena telah mengikuti standar keamanan internasional ISO 27001 untuk menjamin keamanan privasi data penggunanya, termasuk juga untuk sistem keamanan pada metode pembayaran ShopeePay.

ShopeePay sebagai fitur layanan uang dan dompet digital terintegrasi di Indonesia yang terdapat di dalam aplikasi Shopee hadir sebagai metode pembayaran yang aman dan efektif untuk pengguna dengan dapat digunakan pada ribuan merchants yang tersebar di sekitar 200 kota di seluruh Indonesia, dengan kesempatan atas berbagai promo menarik di setiap program dan transaksi yang dilakukan oleh pengguna ShopeePay.



Simak Video "Pengalaman Anya Geraldine Pakai Uang Elektronik di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)