Google Doodle Peringati Subak Hari Ini, Apa Itu?

Google Doodle Peringati Subak Hari Ini, Apa Itu?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 29 Jun 2020 10:32 WIB
google doodle subak
Google Doodle Peringati Subak Hari Ini, Apa Itu? Foto: Google
Jakarta -

Jika kalian membuka halaman depan Google hari ini, Senin (29/6) akan disambut dengan Google Doodle bernuansa sawah yang sangat hijau. Doodle ini rupanya cara Google memperingati subak yang merupakan warisan budaya Bali.

Dikutip detikINET dari blog Google, ilustrasi Doodle ini merupakan hasil karya Hana Augustine, seorang seniman asal Indonesia. Doodle ini memperlihatkan seseorang yang sedang melihat ke arah area persawahan yang dibentuk menjadi kata 'GOOGLE'.

Google mengungkap bahwa Google Doodle hari ini merupakan cara mereka untuk menghormati subak yang hari ini pada tahun 2012 masuk dalam daftar World Heritage Sites milik UNESCO.

Jaringan kanal, terowongan dan bendungan ini telah membantu banyak orang di Bali untuk merawat sawah dan hidup dalam simbiosis dengan alam selama ribuan tahun.

Kata subak tidak hanya merujuk pada sistem irigasi yang digunakan, tapi juga tradisi sosial gotong royong yang mengelilinginya. Lewat sistem ini, pasokan air yang terbatas bisa dikelola bersama oleh 1.200 petani individual.

Subak dinilai sebagai refleksi dari filosofi Bali kuno Tri Hita Karana. Filosofi ini jika diterjemahkan berarti 'tiga penyebab kesejahteraan' yang menggambarkan hubungan antara manusia dengan Tuhan, hubungan harmonis sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam dan lingkungannya.

Berdasarkan ideologi yang telah diwariskan ke banyak generasi, sistem subak ini telah eksis sejak pertama kali ditemukan pada abad ke-9. Dari situs resmi Kabupaten Buleleng, kata subak yang merupakan bahasa Bali pertama kali dilihat di prasasti Pandak Bandung yang bertuliskan tahun 1072 masehi.

Warisan budaya subak hingga saat ini menciptakan lanskap sawah bertingkat yang megah dan menjadi fenomena yang tidak bisa ditiru di negara lain.



Simak Video "Mengenal Subak Bali yang Jadi Google Doodle Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)