Perilaku yang Berubah Selama Pandemi, Ngopi Online!

Perilaku yang Berubah Selama Pandemi, Ngopi Online!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 25 Jun 2020 18:35 WIB
Video call
Ilustrasi arisan online. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Harus diakui, wabah virus SARS-CoV-2 mempengaruhi kebiasaan dan perilaku masyarakat. Hal ini disadari oleh penyedia jasa internet Biznet, dengan melihat perilaku pengguna internet.

"Dua bulan setelah pandemi dan beberapa peraturan pemerintah setelah PSBB, internet itu cukup signifikan naik. Apa sih hal yang baru selain pakai buat belajar, bekerja, video conference atau belanja e-commerce? Ada hal baru yaitu untuk beribadah," kata Yudie Haryanto VP Marketing Biznet dalam video conference, Kamis (25/6/2020).

Meningkatnya trend ibadah secara online mungkin adalah hal yang tidak terbayangkan sebelumnya karena di masa sekarang ternyata konektivitas internet sangat kritis untuk sebagian besar masyarakat terutama yang tidak bisa ke tempat peribadatan.

Selain itu jika melihat traffic dari sisi hiburan sudah jelas ada peningkatan. Jumlah penonton drakor (drama Korea) dan streaming ini cukup signifikan yang mana hampir tiga kali lipat dari biasanya. Traffic secara umum juga mengalami perbedaan, traffic selama seminggu penuh sama tanpa ada penurunan atau peningkatan yang signifikan.

"Kita melihat internet di rumah, selain untuk belajar, ibadah online, entertainment, kan Sabtu Minggu mall belum buka jadi Senin ketemu Senin lagi traffic-nya sama. Banyak juga yang arisan atau makan siang bareng pakai Zoom, ya kayak hal-hal baru yang kita lihat. Pecinta kopi ada yang ngopinya di teras dan ini terjadi dua minggu belakangan," tandasnya.



Simak Video "Demam Drakor Pelakor, Lebih Suka Fashion Ji Sun Woo atau Da Kyung?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)