Bos Amazon Ajak Karyawan Batalkan Semua Rapat di Hari Jumat

Bos Amazon Ajak Karyawan Batalkan Semua Rapat di Hari Jumat

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 18 Jun 2020 21:29 WIB
Pendiri Amazon Jeff Bezos Sumbang US$ 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Bos Amazon Ajak Karyawannya Batalkan Semua Rapat di Hari Jumat. Foto: DW News
Jakarta -

CEO Amazon Jeff Bezos bergabung dengan sederet pemimpin perusahaan teknologi lainnya, meminta seluruh karyawannya memperingati Juneteenth.

Disebut juga sebagai Hari Kebebasan atau Hari Emansipasi, Juneteenth setiap tanggal 19 Juni adalah hari libur di Amerika Serikat (AS) yang memperingati dihapuskannya perbudakan di negara bagian Texas pada 1865.

Dalam memonya pada Selasa (16/6), Bezos meminta semua karyawan membatalkan semua pertemuan dan rapat yang akan digelar pada hari Jumat pekan ini (19/6) untuk menghormati Juneteenth.

Kilas balik peristiwa ini, pada 19 Juni 1865, seorang tokoh dalam peringatan Juneteenth, Mayor Jenderal Gordon Granger membacakan Proklamasi Emansipasi kepada warga Amerika Afrika.

Peristiwa ini memang merayakan emansipasi orang kulit hitam dari perbudakan di AS, sehingga Juneteenth merujuk kepada emansipasi ras Afrika-Amerika di seluruh AS.

Ketimbang meliburkan perusahaannya, Jeff Bezos menawarkan berbagai kesempatan belajar online untuk karyawan sepanjang hari hari itu. Bezos menyebutkan, karyawan harus meluangkan waktu untuk berefleksi, belajar, dan saling mendukung.

jeff bezosIsi memo Jeff Bezos kepada seluruh karyawan Amazon.

Peringatan Juneteenth tahun ini mungkin akan terasa lebih dalam maknanya. AS saat ini sedang dirundung isu rasialisme atas kematian warga kulut hitam AS George Floyd di tangan oknum anggota kepolisian. Peristiwa ini membuka luka lama kelompok kulit hitam di negara tersebut.

Tak cuma Amazon yang memaknai Juneteenth di tengah derasnya dukungan atas isu Black Lives Matter yang menuntut keadilan bagi George Floyd. CEO Twitter Jack Dorsey menyebutkan perusahaannya akan memperingati Juneteenth dengan meliburkan perusahaan.

Selain itu, Google juga menginstruksikan karyawannya membatalkan semua jadwal rapat di hari Jumat (19/6). Sementar Facebook, sama seperti Amazon, mendorong karyawannya memperingati Juneteenth sebagai hari belajar dan bercermin diri.



Simak Video "Pandemi Corona Bikin Harga Saham Amazon Selangit!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)