Developer Lokal Binaan Facebook Siapkan Aplikasi untuk New Normal

New Normal New Spirit

Developer Lokal Binaan Facebook Siapkan Aplikasi untuk New Normal

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 16 Jun 2020 15:43 WIB
Ilustrasi Facebook
Developer Lokal Binaan Facebook Siapkan Aplikasi untuk New Normal (Foto: istimewa)
Jakarta -

Sejak tahun 2016, Facebook telah meluncurkan komunitas Developer Circles untuk mendukung dan menjadi wadah bagi developer lokal di Indonesia. Di tengah pandemi virus Corona komunitas ini tetap aktif dan berkumpul secara online.

Bahkan di antara mereka sudah menyiapkan beberapa inovasi untuk menyambut new normal. Seperti Developer Circle di Bali yang ingin membuat aplikasi untuk menjaga kesehatan mental.

"Kalau di Bali teman-teman sudah pada kumpul dan diskusi khususnya yang punya ide-ide gila," kata Reza Primasatya dari Developer Circle Bali dalam diskusi online, Selasa (16/6/2020).

"Khususnya kita ada rencana bikin aplikasi untuk mental health, ini kan part of new normal. How to recover dari pandemi dan menghadapi new normal itu bagaimana," sambungnya.

Sementara itu Developer Circle Pontianak yang baru dibentuk juga sudah menyiapkan website khusus untuk membagikan informasi seputar COVID-19 kepada masyarakat di Kalimantan Barat.

Sebagai informasi, saat ini Facebook telah memiliki 10 Developer Circles yang tersebar di 10 kota di Indonesia. Saat ini mereka sedang berupaya untuk mengembangkan developer di kawasan Indonesia Timur dan Developer Circle Pontianak merupakan cabang terbaru yang didirikan.

Walau masih didera pandemi, komunitas ini juga tidak berhenti berkumpul dan berbagi ide. Mereka menggunakan bantuan teknologi seperti Zoom untuk bisa tetap bertatap muka meski terpisah jarak.

Developer Circle Leader Makassar Muhammad Aryandi mengatakan komunitasnya telah mengadakan sejumlah event diskusi yang mengundang pendiri startup di Indonesia. Bahkan mereka sedang mempersiapkan konsep pelatihan online bagi developer di Sulawesi Selatan.

"Kami berencana untuk mengkonsepkan developer clinic dan developer female training secara online. Saat ini masih didiskusikan bagaimana konsepnya agar teman-teman tetap dapat impact-nya," kata Aryandi dalam kesempatan yang sama.



Simak Video "Inovasi Developer Circles Facebook Kembangkan Aplikasi di New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)