Ramai-ramai #boikotwikipedia Gara-gara Artikel PKI

Ramai-ramai #boikotwikipedia Gara-gara Artikel PKI

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 04 Jun 2020 09:02 WIB
LONDON, ENGLAND - JANUARY 18:  A laptop computer displays Wikipedias front page showing a darkened logo on January 18, 2012 in London, England. The Wikipedia website has shut down its English language service for 24 hours in protest over the US anti-piracy laws.  (Photo by Peter Macdiarmid/Getty Images)
Ramai-ramai #boikotwikipedia Gara-gara Artikel PKI (Foto: Getty Images/Peter Macdiarmid)
Jakarta -

Netizen ramai-ramai menyerukan #boikotwikipedia gara-gara artikel keliru soal PKI. PKI memang selalu jadi isu sensitif di Tanah Air.

Dipantau detikINET, Kamis (4/6/2020) #boikotwikipedia sudah diramaikan menjadi trending topic Twitter. Pemicunya adalah informasi soal PKI di Wikipedia yang bertajuk Pembantaian di Indonesia 1965-1966.

Artikel ini disebut menyesatkan karena menyebutkan pihak PKI sebagai korban dan Soeharto sebagai otak dari peristiwa G30S/PKI. Lantas muncul berbagai seruan untuk memperbaiki artikel tersebut, salah satunya dari politisi Partai Demokrat Roy Suryo.





Netizen pun ramai membahasnya. Mereka pun malah menyerukan #boikotwikipedia di Twitter.






Namun, banyak sekali netizen yang kritis. Mereka mempertanyakan balik maksud orang yang mendukung #boikotwikipedia. Netizen, terutama yang berlatar akademisi, mengingatkan kalau Wikipedia adalah open source yang artinya bisa diedit semua orang dan tidak bisa dianggap sebagai sumber kebenaran yang mutlak.

Tindakan boikot menurut mereka kurang tepat. Yang terbaik adalah memperbaiki kesalahan pengeditan dan meluruskan informasinya, karena semua netizen bisa melakukannya di Wikipedia.






Simak Video "Waduh! Chris Evans Tak Sengaja Posting Foto Mr. P di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)