Hasil Survei Kebiasaan Orang Belanja Online di Bulan Ramadhan - Halaman 2

Hasil Survei Kebiasaan Orang Belanja Online di Bulan Ramadhan

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 21 Mei 2020 19:15 WIB
Ilustrasi Belanja Online
Hasil Survei Kebiasaan Orang Belanja Online di Bulan Ramadhan (Foto: Shutterstock)

4. Belanja dadakan saat Ramadhan

Membeli kebutuhan Ramadhan jauh sebelum bulan suci ini tiba sepertinya tidak terjadi tahun ini. Berbelanja kebutuhan Ramadhan secara online banyak dilakukan ketika sudah memasuki bulan puasa.

Sebanyak 36% responden berbelanja online untuk kebutuhan Ramadhan selama bulan ramadhan hingga menjelang Lebaran, dan 30% responden berbelanja kebutuhan Ramadhan secara online seminggu sebelum Ramadhan.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Brandwatch, pembelian hadiah dan kebutuhan untuk natal dilakukan biasanya 2-3 minggu sebelum Natal.

Sedangkan di Indonesia, muslim yang berbelanja kebutuhan Ramadhan 2-3 minggu sebelum Ramadhan hanya sebanyak 26%, diikuti sebulan sebelum Ramadhan 5%, dan 2 bulan sebelum Ramadhan sebanyak 3%.

5. Pagi dan tengah malam waktunya belanja

Dalam survei ini, dilakukan analisis terhadap perbedaan waktu berbelanja online yang dilakukan muslim Indonesia selama Ramadhan jika dibandingkan dengan bulan biasanya.

Tidak ada perbedaan yang signifikan jika dilihat perbandingan selama Ramadhan dan bulan biasa. Hanya saja, saat Ramadhan terjadi peningkatan intensitas berbelanja pada rentang pukul 4-10 pagi.

Di bulan biasa, hanya 15% responden berbelanja di jam tersebut. Nah, selama Ramadhan, 18% responden berbelanja online saat jam sahur
hingga jam 10 pagi.

Selain itu, saat tengah malam yaitu pukul 24.00 hingga pukul 3 pagi juga terjadi peningkatan sebanyak 2% dari bulan biasanya. Pada Ramadhan tahun ini, sebanyak 3% responden melakukan online shopping di jam tersebut, sedangkan bulan biasa hanya 1% yang melakukannya.

riset

6. Dompet digital mulai sering dipakai

Metode pembayaran e-wallet dan e-money kini mulai menjadi pilihan pembayaran utama ketika berbelanja online. Orang Indonesia mulai makin terbiasa menggunakan metode ini karena dianggap lebih fleksibel dan tidak ribet, baik untuk transaksi online maupun offline.

Dalam survei ini, iPrice dan Jakpat menganalisis berbagai metode pembayaran yang paling diminati konsumen di Indonesia.

Hasilnya menunjukkan, 30% dari responden menggunakan transfer bank sebagai metode pembayaran, 26% menggunakan e-wallet atau e-money, 25% memilih untuk cash on delivery, 14% menggunakan offline payment di retail seperti Alfamart dan Indomart, 3% pakai kartu debit, dan hanya 2% menggunakan kartu kredit.

riset


*) Artikel ini berdasarkan survei iPrice: Perilaku Berbelanja Online di Indonesia Saat Ramadan 2020.

(rns/rns)