Kantor Facebook Mulai Dibuka Kembali di Bulan Juli

Kantor Facebook Mulai Dibuka Kembali di Bulan Juli

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 21 Mei 2020 09:01 WIB
Employees work on laptops on couches under a corrugated roof in The Bowl, a tiered outdoor space with surrounding green scapes, that connects the older building 20 with building 21 at the new Facebook Inc. MPK 21 campus in Menlo Park, California, U.S., on Wednesday, Aug. 29, 2018. Facebooks new MPK 21 campus, designed by architect Frank Gehry, is the latest expansion in Menlo Park, a town where there will soon be more Facebook employees than local residents. Photographer: Michael Short/Bloomberg
Kantor Facebook Mulai Dibuka Kembali di Bulan Juli Foto: Michael Short/Bloomberg
Jakarta -

Facebook mulai menyusun rencana untuk membuka kembali kantornya pada awal bulan Juli mendatang. Tapi raksasa media sosial itu akan membatasi kapasitas kantor sebanyak 25%.

Dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (21/5/2020), Facebook sudah menyiapkan strategi untuk pegawai yang kembali bekerja di kantor. Mulai dari praktek social distancing, kewajiban menggunakan masker dan pengecekan temperatur.

Selain itu Facebook juga menyiapkan aturan lain seperti menutup gym untuk pegawai, membatasi jumlah pegawai di ruang rapat, tidak menawarkan makanan buffet di kantin dan melarang pengunjung dari luar.

Perusahaan yang bermarkas di Menlo Park, California ini tidak berencana untuk mengadakan tes COVID-19 untuk pegawainya, tapi kebijakan ini bisa saja berubah jika tes yang lebih cepat telah tersedia.

Rencana dibukanya kembali kantor Facebook pada bulan Juli lebih diutamakan untuk kantor di Amerika Serikat dan Eropa. Tapi beberapa kantor di negara Asia kemungkinan akan buka kembali lebih cepat, tergantung pada bagaimana penanganan virus Corona di negara tersebut.

Rencana ini tidak mengubah kebijakan Facebook yang mengizinkan semua pegawainya untuk bekerja dari rumah hingga akhir 2020. Kemungkinan besar pegawai yang dinilai tidak esensial dan bisa melakukan semua pekerjaannya dari rumah akan terus melanjutkannya hingga akhir tahun.

Pegawai yang diprioritaskan untuk kembali ke kantor adalah mereka yang bekerja di bagian hardware, operasi dan manajemen jaringan yang memiliki tanggung jawab on-site dan kesulitan melakukan pekerjaannya dari rumah.

Pekerja kontrak seperti supir bus shuttle, staf kantin, petugas keamanan dan lain-lain juga akan kembali bekerja di kantor pada bulan Juli.

Langkah Facebook mengikuti keputusan Apple yang telah mengizinkan pegawainya untuk kembali ke kantor secara bertahap. Tapi perusahaan teknologi lainnya seperti Twitter justru mengizinkan pegawai untuk bekerja dari rumah selamanya.

Tontowi Pensiun


Simak Video "Pemosting Status FB 'Doakan Paramedis Kena Corona' Dibekuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)