Kisah Hewan Pertama yang ke Luar Angkasa dan Bernasib Tragis

Kisah Hewan Pertama yang ke Luar Angkasa dan Bernasib Tragis

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 09 Mei 2020 17:01 WIB
Laika
Laika, anjing yang memiliki kisah pilu sebagai cosmonaut pertama. (Foto: Space)
Jakarta -

Laika adalah seekor anjing jalanan yang menjadi salah satu kandidat dari 5-6 calon cosmonaut. Ia merupakan anjing betina jenis Mongrel dengan berat 6 kg. Sebelum Laika, sudah ada beberapa anjing yang dikirim suborbital, namun kasus Laika berbeda karena ia dikirim ke orbit.

"Ini adalah saatnya untuk mengirim satu ke ruang angkasa," kata Kotovskaya, Head of Moscow's Institute of Biomedical Problems, sebagaimana dikutip dari India Times.

Laika adalah kata Rusia untuk gonggongan anjing -- seperti 'guk' atau 'bark'. Ia dipilih karena terbilang anjing yang tidak rewel dan ukurannya yang kecil sehingga bisa masuk ke Sputnik 2, pesawat ruang angkasa Soviet. Sputnik bahkan tidak lebih besar dari mesin cuci dan Laika hanya bisa berdiri dan duduk, namun tidak bisa bergerak leluasa. Peluncuran bersejarah itu dilakukan pada 3 November 1957.


Anjing kecil ini bahkan disebut-sebut ditempatkan dalam kandang kecil selama 20 hari agar terbiasa dengan ruang kecil. Para peneliti yang terlibat juga menyadari ini bisa menjadi misi bunuh diri sehingga satu per satu dari mereka memberikan salam perpisahan sebelum Laika lepas landas. Bahkan ada salah satu di antara mereka yang membawa Laika pulang ke rumahnya untuk memanjakannya di saat terakhirnya.

Tiga jam awal meluncur ke angkasa, detak jantung Laika berpacu dengan cepat, begitu juga napasnya yang pendek. Meski harapannya Laika bisa bertahan selama delapan atau sepuluh hari, namun naas ia meninggal karena dehidrasi dan suhu panas setelah beberapa jam.

Sementara itu, pemerintah mengklaim bahwa Laika meninggal setelah memakan racun yang diberikan dalam makanannya untuk menghindari kematian yang menyakitkan saat masuk kembali ke atmosfer Bumi. Kendati demikian banyak yang meragukan pernyataan ini.


Pengorbanan tragis Laika memberikan pelajaran berharga, Akhirnya, ada anjing pertama yang pergi ke luar angkasa dan kembali hidup-hidup. Mereka adalah sepasang anjing bernama Belka dan Strelka yang meluncur dengan roket pada 19 Agustus 1960 dan kembali sehari kemudian.

Keberhasilan misi mereka meyakinkan otoritas Soviet untuk melanjutkan perjalanan luar angkasa pertama yang sangat berisiko oleh seorang manusia, Yury Gagarin, pada bulan April 1961.

Protes dan dukungan untuk Laika pun berdatangan dari Soviet hingga negara lain. Yang mengharukan, untuk mengenang Laika, didirikan monumen yang berdiri tegak di Moscow untuk mengingat perjalanannya menjadi cosmonaut pertama di dunia.



Simak Video "Suara Merdu Cilla Membawanya Raih Mimpi Lewat TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)