Belanja Online Saat Pandemi, Ini Kategori Barang Paling Laku di Shopee

Belanja Online Saat Pandemi, Ini Kategori Barang Paling Laku di Shopee

Angga Laraspati - detikInet
Kamis, 07 Mei 2020 19:30 WIB
Shopee
Foto: Shopee
Jakarta -

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan masyarakat pada tahun ini dalam menjalankan kehidupan sehari-hari seperti bekerja dan juga berbelanja sudah mulai berubah.

Terlebih dengan meningkatnya penyebaran COVID-19 banyak masyarakat yang memilih untuk berbelanja online sebagai cara memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya, mulai dari perlengkapan rumah, produk-produk kesehatan, hingga perlengkapan ibu dan bayi. Ini juga dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 semakin luas.

"Karena melihat pentingnya peran e-commerce di kehidupan masyarakat saat ini, Shopee akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengalaman berbelanja untuk semua," ujar Handhika dalam keterangan tertulis, Kamis (7/5/2020).

Selain itu, Handhika mengungkapkan Shopee mencatatkan beberapa tren utama pada platform e-commerce di tengah upaya Indonesia dalam melawan penyebaran virus COVID-19 saat ini. Seperti meningkatnya permintaan atas produk-produk dari kategori perlengkapan rumah, makanan & minuman, hingga kebutuhan ibu & bayi di tengah pandemi kali ini.

ShopeeShopee Foto: Shopee

Dengan adanya pemindahan seluruh aktivitas ke rumah, kebutuhan pokok menjadi pencarian utama masyarakat Indonesia dari awal imbauan physical distancing diberlakukan. Karena masyarakat cenderung berbelanja secara online untuk kebutuhan esensial dan perlengkapan rumah, mitra brand dan penjual di kategori tersebut.

Memahami adanya peningkatan permintaan akan produk/kategori ini, selain memastikan ketersediaan stok barang, Shopee juga berupaya untuk menjaga harga produk untuk berada di taraf yang wajar dan sesuai dengan kondisi pasar. Selain itu, meningkatnya upaya penerapan kebijakan physical distancing saat ini juga telah menghasilkan peningkatan atas kebutuhan sanitasi, yang mengindikasikan produk kesehatan sebagai kategori yang paling banyak dibutuhkan.

Sebagai contoh, Shopee melihat adanya peningkatan permintaan sebesar hampir 3x lipat untuk produk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama penerapan imbauan physical distancing dari pemerintah.

Lebih lanjut, pada bulan Ramadhan kali ini Shopee mengamati bahwa masyarakat Indonesia tetap merayakan Ramadhan dari rumah dengan adanya beberapa tren antara lain produk kecantikan, muslim fashion, handphone dan aksesoris menjadi kategori yang meningkat. Selain itu Shopee juga mencatatkan lonjakan permintaan pada produk pada kategori dekorasi rumah dan home living.

Shopee juga mengamati adanya peningkatan kegiatan berbelanja di kampanye Big Ramadhan Sale dengan peningkatan 2x lipat terhadap jumlah kunjungan dibandingkan dengan hari biasanya di puncak kampanye Big Ramadhan Sale pertama yang berlangsung pada tanggal 5 Mei lalu. Produk-produk terpopuler meliputi Aksesoris Pengendara Motor, Kerudung dan Pakaian Muslim Perempuan, hingga Perlengkapan dan Aksesoris Dapur.

ShopeeShopee Foto: Shopee

"Kami berharap rangkaian program yang telah Shopee persiapkan dapat terus menjadi solusi belanja online yang dapat diandalkan oleh para pengguna. Salah satunya dengan memanfaatkan 2 periode puncak kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah, yakni Big Ramadhan THR Sale pada tanggal 11 Mei 2020 di mana para pengguna akan dimanjakan oleh 11 promo, dan THR Ekstra Day di tanggal 15 Mei 2020," jelas Handhika.

Handhika mengatakan untuk itulah Shopee menghadirkan kampanye Big Ramadhan Sale tahun ini untuk memberikan akses yang lebih baik lagi ke berbagai kebutuhan melalui #ShopeeDariRumah. Ini juga mendukung kebijakan physical distancing yang dilakukan selama bulan Ramadhan tahun ini.

ShopeeShopee Foto: Shopee

"Kami tidak hanya memberikan kemudahan berbelanja online, tetapi juga mengajak masyarakat untuk turut merayakan Ramadhan secara efektif. Kampanye Big Ramadhan Sale kami telah diterima dengan baik hingga saat ini, terlihat dari bagaimana kenyamanan pengalaman berbelanja para pengguna kami, yang tentunya berbanding lurus dengan peningkatan bisnis yang dialami oleh para penjual dan mitra brand kami," pungkasnya.



Simak Video "Handhika Jahja: Milenial di Balik Kemudi Raksasa E-Commerce Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)