ATM Beras Bantu Warga Miskin Vietnam Saat Pandemi Corona

ATM Beras Bantu Warga Miskin Vietnam Saat Pandemi Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 14 Apr 2020 15:31 WIB
ATM beras
ATM Beras Bantu Warga Miskin Vietnam Saat Pandemi Corona (Foto: Facebook)
Hanoi -

ATM yang satu ini tidak mengeluarkan uang melainkan beras. Tujuannya meringankan beban warga miskin di Vietnam yang terdampak penghasilannya di tengah pandemi virus corona.

ATM berisi beras ini dibuat oleh salah seorang entrepreneur setempat dan beroperasi 24 jam. Keberadaannya amat membantu warga yang jadi kekurangan lantaran sebagian aktivitas ekonomi lumpuh dengan penutupan toko-toko atau usaha untuk memutus penularan COVID-19.

Vietnam hanya punya 262 kasus positif corona dan tak ada yang meninggal. Akan tetapi untuk pencegahan, social distancing diberlakukan sejak 31 Maret. Salah satu warga, Nguyen Thi Li, menuturkan suaminya kehilangan pekerjaan sehingga ATM beras menolong mereka.

"Dengan satu tas beras ini, kami bisa makan sehari. Kadang tetangga kami juga memberikan makanan sisa atau mie instan," tutur ibu 3 anak ini, dikutip detikINET dari New York Post.

Sekali pencet, ATM beras tersebut mengeluarkan 1,5 kg beras. Orang-orang yang memerlukan mengantre untuk mendapatkannya, mereka terutama adalah para pekerja harian yang kesulitan mendapat uang saat ini.

Pembuatnya pebisnis bernama Hoang Tuan Anh. Awalnya ATM beras tersebut didonasikan untuk rumah sakit, tapi akhirnya dipasang pula di beberapa kota besar buat membantu warga kurang mampu di tengah pandemi virus Corona.

"Saya menyebut mesin ini sebagai ATM beras karena orang bisa menarik beras darinya, menjamin bahwa masih ada orang baik di luar sana yang ingin memberi mereka," cetus dia.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)