Miliuner Teknologi Perangi COVID-19, dari Bill Gates sampai Bos Zoom - Halaman 2

Miliuner Teknologi Perangi COVID-19, dari Bill Gates sampai Bos Zoom

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 03 Apr 2020 11:40 WIB
Bill Gates
Bill Gates, salah satu miliuner teknologi dermawan yang aktif memerangi COVID-19. Foto: Reuters

Deretan Miliuner Teknologi Perangi COVID-19, dari Bill Gates sampai Bos Zoom Jeff Bezos. Foto: Associated Press

4. Jeff Bezos

CEO Amazon Jeff Bezos melalui postingannya di Instagram memperlihatkan dirinya sedang melakukan panggilan video dengan Direktur Jenderal organisasi kesehatan dunia WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Bezos mendaftarkan cara mobilisasi Amazon untuk membantu WHO menghadapi pandemi. Dia juga mengerahkan layanan Amazon Web Services untuk membantu meningkatkan kapasitas dan keamanan situs WHO dan menyediaka dukungan logistik untuk mendistribusikan alat tes COVID-19.

Deretan Miliuner Teknologi Perangi COVID-19, dari Bill Gates sampai Bos Zoom Eric Yuan. Foto: Zoom

5. Eric Yuan

Sejak COVID-19 merebak, terjadi lonjakan akses Zoom secara signifikan. Sang pendiri Zoom Eric Yuan menjalankan perannya dalam perang melawan COVID-19 dengan menggratiskan dan mendukung penggunaan Zoom tanpa batas untuk tempat-tempat yang paling terdampak seperti di China dan Italia.

Organisasi nirlaba, badan amal dan sekolah-sekolah di AS juga mendapatkan akses penggunaan tanpa batas secara gratis. Saat ditanya bagaimana COVID-19 memengaruhi bisnisnya, Eric mengatakan bahwa mengambil keuntungan dari situasi mengkhawatirkan seperti sekarang adalah etos kerja yang buruk. Dia dan timnya saat ini tidak berfokus pada meraup keuntungan melainkan meningkatkan kualitas layanan platformnya.

Deretan Miliuner Teknologi Perangi COVID-19, dari Bill Gates sampai Bos Zoom Brian Chesky. Foto: Getty Images

6. Brian Chesky

Airbnb termasuk salah satu startup yang terimbas parah pandemi. Startup yang bergerak di bisnis penginapan online harus melakukan langkah efisiensi dengan meniadakan perekrutan karyawan baru dan aktivitas marketing disetop.

Meski demikian, pendiri Airbnb Brian Chesky tak mau ketinggalan ikut berkontribusi dalam menghadapi wabah COVID-19. Miliuner muda ini mengumumkan tidak akan membebankan biaya pembatalan penginapan selama pandemi.

Di website resminya, di halaman kebijakan Airbnb menuliskan bahwa semua pemesanan penginapan yang dilakukan sebelum 14 Maret dan perjalanan yang berlangsung antara 14 Maret dan 14 April dapat dipesan ulang atau dibatalkan tanpa dikenai biaya. Brian berpikir pada dasarnya orang-orang sudah kehilangan rencana liburan, maka setidaknya dia bisa membantu agar mereka juga tidak kehilangan uang.

(rns/rns)