Aplikasi Ini Deteksi Virus Corona Cuma dengan Suara

Aplikasi Ini Deteksi Virus Corona Cuma dengan Suara

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 02 Apr 2020 15:09 WIB
ilustrasi smartphone
Aplikasi Ini Deteksi Virus Corona Cuma dengan Suara (Ilustrasi foto: Unsplash)
Washington -

Berbagai upaya tengah dikembangkan ilmuwan untuk mendeteksi penderita positif virus corona dengan cepat dan murah. Salah satunya melalui aplikasi smartphone yang dapat menganalisis suara penderita.

Periset di Carnegie Mellon University, Amerika Serikat, aplikasi itu dapat menentukan apalah seseorang menderita corona atau tidak cukup dengan suara. Untuk saat ini, pengembangannya masih dalam tahap awal.

"Saya melihat banyak perlombaan untuk diagnosa paling murah dan paling cepat. Ada beberapa yang cukup bagus dan benar-benar murah serta cukup akurat, tapi tidak ada yang bakal lebih murah dan semudah berbicara ke ponsel," kata Benjamin Striner, mahasiswa Carnegie Mellon.

Dikutip detikINET dari CBS, Kamis (2/4/2020) aplikasi tersebut bernama COVID Voice Detector dan sudah diuji coba. Tapi pembuatnya belum berani menjadikan aplikasi ini satu-satunya alat deteksi, pengguna masih harus dites lagi secara medis.

"Tujuan utama kami saat ini adalah mengumpulkan banyak rekaman suara yang bisa kami gunakan untuk meningkatkan algoritmanya," kata profesor Bhiksa Raj dari Carnegie Mellon.

Mereka optimistis aplikasi tersebut nantinya berguna untuk mendeteksi orang positif virus corona dengan tepat. Seperti diketahui saat ini, banyak negara kesulitan menyelenggarakan tes dalam jumlah masif karena masalah ketersediaan alat ataupun biaya.

"Hasilnya harus diverifikasi oleh profesional medis dan dites badan pemerintah. Sampai itu terjadi, aplikasi ini masih eksperimen dan belum bisa dipercaya," pungkas Benjamin.



Simak Video "Dievakuasi Petugas, Pasien Corona di Mamuju Disemangati Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)