3 Langkah Melibas Virus Corona Menurut Bill Gates

3 Langkah Melibas Virus Corona Menurut Bill Gates

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 01 Apr 2020 15:26 WIB
Bill Gates masak
Bill Gates. Foto: Istimewa
Washington -

Melibas virus corona tentu adalah keinginan seluruh warga dunia saat ini. Bill Gates yang tak henti membahas virus berbahaya itu pun merangkum 3 cara mengalahkan corona, khususnya untuk Amerika Serikat.

Dalam kolom terbaru di Washington Post, pendiri Microsoft itu menyarankan langkah-langkah untuk membendung corona. "Melalui pekerjaan saya dengan Gates Foundation, saya telah bicara dengan pakar dan pemimpin di Washington dan seluruh negara ini. Menjadi jelas kita harus menempuh 3 langkah," tulisnya.

"Pertama, kita memerlukan pendekatan shutting down seluruh negara. Meskipun ada dorongan dari pakar kesehatan publik, beberapa negara bagian tidak benar-benar shutdown. Di beberapa negara bagian, pantai masih dibuka, di lainnya restoran masih melayani makan di tempat," cetusnya.

Menurutnya, hal itu merupakan resep terjadinya bencana. Pasalnya, orang masih secara bebas pergi antar negara bagian, demikian pula dengan virus corona yang mungkin mereka bawa. Sampai angka penderita corona menurun, seharusnya shutdown dilakukan serius.

"Kedua, pemerintah federal harus menaikkan tes (corona). Jauh lebih banyak tes harus tersedia. Ada contoh bagus untuk diikuti, negara bagian New York saat ini meningkatkan kapasitas sampai lebih dari 20 ribu tes per hari," paparnya.

"Terakhir, kita perlu pendekatan berbasis data untuk mengembangkan perawatan dan vaksin..kita harus berpegang pada proses yang bekerja baik, menjalankan trial cepat pada berbagai kandidat dan menginformasikan publik hasilnya. Sekali kita mendapatkan perawatan aman dan efektif, kita harus memastikan dosis pertama diberikan pada orang yang paling memerlukan," sambung Gates.

Ia yakin ketiga langkah itu akan menghentikan laju virus corona. Menurut Gates, vaksin yang aman dan efektif dibutuhkan untuk mengakhiri penyakit ini. Vaksin corona kemungkinan bisa dibuat dalam 18 bulan, waktu tercepat untuk menciptakan suatu vaksin.

"Tapi menciptakan vaksin hanya separuh pertempuran. Untuk melindungi orang Amerika dan di seluruh dunia, kita perlu membuat miliaran dosis," tulisnya. Maka, pabrik vaksin corona skala besar juga dibutuhkan



Simak Video "Bill Gates Sumbang USD 100 Juta untuk Bantu Tangkal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)