Dampak Pandemi Virus Corona, VPN Pun Laris Manis

Dampak Pandemi Virus Corona, VPN Pun Laris Manis

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 26 Mar 2020 19:11 WIB
Work from home
Dampak Pandemi Virus Corona, VPN Pun Laris Manis. (Foto: iStock)
Jakarta -

Penggunaan Virtual Private Network (VPN) meningkat drastis secara global di tengah merebaknya pandemi virus corona COVID-19.

ExpressVPN, salah perusahaan penyedia layanan VPN memaparkan bahwa sejak akhir Februari kemarin ada peningkatan jumlah pengguna secara global dengan rata-rata tumbuh 21%. Eropa dan Amerika Utara jadi wilayah yang tercatat tumbuh dua digit.

Untuk Eropa, Belgia dan Prancis jadi negara yang penggunaan VPN paling meroket yang mana masing-masing naik 43% dan 34%. Hal itu terjadi seiring dengan imbauan pemerintah dan perusahaan yang menerapkan sistem kerja dari rumah.

Adapun penggunaan VPN tersebut untuk melindungi diri mereka secara online atau agar aman mengakses jaringan perusahaan.

Tren serupa terjadi di wilayah Asia Pasifik. Kendati begitu pertumbuhannya paling sedikit karena merebaknya COVID-19 terjadi sejak Januari.

Namun khusus untuk Filipina dan Malaysia yang memberlakukan lockdown, penggunaan VPN di negara tersebut rata-rata melonjak 27% dan 23%.

"Kami melihat permintaan yang kuat pada layanan kami karena semakin banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan dan karyawan di seluruh dunia melakukan telework (kerja dari rumah-red)," ujar Vice President ExpressVPN, Harold Li dilansir dari Tech Crunch, Kamis (26/3/2020).

"Selain menggunakan VPN, kami mendorong pengguna untuk mempraktikkan keamanan siber yang baik sambil bekerja dari jarak jauh," ungkapnya menambahkan.

Agar pengguna aman melakukan aktivitas kerja dari rumah memanfaatkan VPN, ada baiknya para pegawai ini juga diiring menginstal software antivirus pada sistem mereka dan memperbaruinya secara teratur. Hal itu untuk menghindari jadi korban lonjakan serangan siber.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)