IBM Kerahkan Komputer Super untuk Lawan Virus Corona

IBM Kerahkan Komputer Super untuk Lawan Virus Corona

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 23 Mar 2020 10:51 WIB
Logo raksasa komputer IBM. International Business Machines Corporation (commonly referred to as IBM) is an American multinational technology and consulting corporation, with corporate headquarters in Armonk, New York. IBM manufactures and markets computer hardware, middleware and software, and offers infrastructure, hosting and consulting services in areas ranging from mainframe computers to nanotechnology.
IBM Kerahkan Komputer Super untuk Lawan Virus Corona Foto: Ari Saputra
Jakarta -

IBM turut mengerahkan komputer super untuk mencegah penyebaran virus corona. Mereka baru saja mengumumkan inisiatif untuk meningkatkan akses terhadap komputasi tingkat tinggi untuk kelompok yang meriset dan melawan virus corona.

IBM bekerjasama dengan White House Office of Science and Technology Policy dan U.S. Department of energy untuk meluncurkan inisiatif High Performance Computing Consortium.

Dikutip detikINET dari CNN, Senin (23/3/2020) inisiatif ini bertujuan untuk memanfaatkan komputasi kinerja tinggi atau 'supercomputing' untuk meningkatkan kecepatan dan kapasitas penelitian terkait virus corona.

"Bagaimana kita bisa menemukan perawatan baru? Atau menemukan vaksin dan obat? kata Director of IBM Research Dario Gil dalam wawancara dengan CNN Business.

"Itu adalah area-area yang akan kita perhatikan ... Kami akan menghadirkan kekuatan komputasi yang belum pernah ada sebelumnya untuk mengatasi virus corona," sambungnya.

Sistem komputasi tinggi ini bisa membantu peneliti menjalankan beberapa kalkulasi besar sekaligus di sektor epidemiologi, bioinformatika dan modeling molekuler. Eksperimen ini bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan jika dilakukan menggunakan komputer tradisional.

Sistem ini akan memanfaatkan sistem komputasi super dari IBM, laboratorium nasional, beberapa universitas, Amazon, Google, Microsoft, dan lain-lain. Inisiatif ini mulai menerima proposal riset lewat portal online dan akan dinilai oleh bos industri teknologi serta petinggi Gedung Putih dan Kementerian Energi AS.

Konsorsium ini juga akan menghubungkan peneliti dengan ahli komputasi ternama untuk memastikan mesin digunakan seefisien dan seefektif mungkin. Layanan dan kekuatan komputasi ini akan disediakan secara gratis untuk peneliti.

Komputer super IBM yang dinamai Summit sebelumnya telah berhasil membantu Kementerian Energi AS untuk mengidentifikasi senyawa obat yang berpotensi menonaktifkan virus corona.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)