Bill Gates Sang 'Peramal' Virus Corona

Bill Gates Sang 'Peramal' Virus Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 23 Mar 2020 05:47 WIB
Bill Gates Jack Ma
Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta -

Bill Gates ternyata cukup pandai meramal. Beberapa tahun silam, dia sudah pernah memprediksi akan datangnya wabah yang membuat dunia kelabakan.

'Ramalan' itu terbukti dengan kedatangan virus corona. Beberapa waktu belakangan, sang pendiri Microsoft juga giat dalam mengutarakan prediksinya soal corona. Berikut rangkumannya.

1. Ramalan dari Beberapa Tahun Silam

Bill Gates beberapa kali pernah memperingatkan soal wabah virus. Peringatan ini antara lain disampaikan dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Massachusetts Medical Society dan New England Journal of Medicine pada April 2018.

Waktu itu, Gates memperingatkan dampak yang akan terjadi jika wabah virus seperti flu Spanyol kembali terjadi di era modern. Virus ini disebut kemungkinan besar berasal dari binatang seperti burung, ayam atau babi.

Walau berasal dari binatang, virus bersangkutan bisa bermutasi dan menyerang manusia. Penularan yang awalnya hanya binatang ke manusia juga bisa berkembang menjadi manusia ke manusia.

Gates pun mengatakan pemerintah tiap negara harus bersiap menghadapi ancaman wabah seperti ini. Menurut suami Melinda Gates ini, pemerintah tak memiliki rasa urgensi dalam menghadapi isu tersebut.

"Dalam kasus ancaman biologis, rasa urgensi itu kurang. Dunia perlu bersiap menghadapi pandemi sama seriusnya seperti cara menghadapi perang," sambungnya ketika itu.

Ada satu hal yang menurut Gates bisa membantu kita bersiap menghadapi wabah virus yaitu vaksin. Vaksin baru bisa mencegah epidemi di masa depan, terutama untuk menghadapi virus yang terus bermutasi.

Sebelumnya di tahun 2017, Gates tercatat juga pernah mengutarakan peringatan bahwa dunia harus siap bila suatu saat muncul patogen yang dapat menghilangkan banyak nyawa dalam waktu singkat.

"Apakah penyebaran penyakit ini terjadi secara alamiah atau karena serangan teroris, ahli epidemiologi memperkirakan bahwa patogen yang menyebar lewat sistem pernapasan bisa membunuh lebih dari 30 juta orang dalam waktu kurang dari setahun," kata Gates dalam konferensi Munich Security.