Banyak yang Kerja dari Rumah, YouTube Turunkan Kualitas Video

Banyak yang Kerja dari Rumah, YouTube Turunkan Kualitas Video

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 21 Mar 2020 18:36 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
YouTube Turunkan Kualitas Video (Foto: Sean Gallup/Getty Images)
Jakarta -

Demi menyelamatkan layanan internet agar tidak kolaps, YouTube pun mengikut jejak Netflix dengan menurunkan kualitas tayangannya.

Sejumlah negara di Eropa menerapkan kebijakan lockdown akibat pandemi virus corona. Hal itu membuat warga di sana belajar hingga kerja dari rumah yang berujung meningkatnya kebutuhan akses internet.

Agar akses internet tidak tumbang, YouTube per Jumat ini akan mengurangi kualitas tayangan mereka di Uni Eropa, begitu pemberitaan sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat(20/3/2020).

Diketahui, layanan berbagai video tersebut jadi perusahaan teknologi kedua setelah Netflix setelah mendapat desakkan dari Pejabat Uni Eropa Thierry Breton agar menurunkan kualitas tayangannya.

Langkah tersebut disepakati setelah Breton berbicara dengan CEO Alphabet Sundar Pichai dan CEO YouTube Susan Wojcicki.

"Kami membuat komitmen untuk sementara waktu mengalihkan semua lalu lintas di Uni Eropa ke definisi standar secara default," kata YouTube dalam pernyataannya.

Penurunan kualitas tayangan streaming tersebut akan berlangsung selama 30 hari.

Keputusan YouTube tersebut diapresiasi Breton yang menurutnya cara untuk menyelamatkan layanan internet selama krisis virus corona.

"Saya sangat menyambut inisiatif yang telah diambil Google untuk menjaga kelancaran fungsi internet selama krisis COVID-19," ucap Breton.



Simak Video "Chapters, Fitur YouTube Bantu Lompati Bagian Video yang Diinginkan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)