Mark Zuckerberg Cegah WhatsApp Tumbang Saat Wabah Virus Corona

Mark Zuckerberg Cegah WhatsApp Tumbang Saat Wabah Virus Corona

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 19 Mar 2020 21:14 WIB
WhatsApp
Mark Zuckerberg Cegah WhatsApp Tumbang Saat Wabah Virus Corona Foto: WhatsApp
Jakarta -

Gerakan social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona membuat banyak orang harus berdiam diri di rumah. Untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman, mereka menggunakan layanan seperti WhatsApp.

Bahkan CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan volume panggilan telepon lewat WhatsApp dan Messenger di Italia dan beberapa negara terdampak virus corona lainnya meningkat dua kali lipat dibanding sebelumnya.

Dikutip detikINET dari Mashable, Kamis (19/3/2020) untuk mengatasi membludaknya data dari panggilan telepon dan chat, Facebook sudah meningkatkan infrastruktur dan kapasitas servernya. Bahkan kapasitas server untuk WhatsApp telah dilipatgandakan.

Zuckerberg mengatakan Facebook tetap akan terus membangun infrastrukturnya seandainya virus corona menyebar lebih luas ke negara-negara yang penduduknya bergantung pada Facebook, WhatsApp dan Instagram untuk berkomunikasi.

"Ini belum menjadi wabah besar di sebagian besar negara di seluruh dunia," kata Zuckerberg dalam panggilan telepon kepada wartawan.

"Tapi jika sampai ke tahap itu, maka kita harus memastikan kita telah siap dari perspektif infrastruktur untuk memastikan tidak ada yang tumbang," sambungnya.

Zuckerberg secara spesifik mencontohkan kasus di Italia, negara yang saat ini menerapkan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. Panggilan telepon lewat WhatsApp di negara tersebut saat ini melonjak melebihi jumlah panggilan saat malam tahun baru.

"Kami berada di basis berkelanjutan jauh melampaui lonjakan pada Tahun Baru," ujar Zuckerberg.

"Hanya memastikan kita bisa menanganinya merupakan sebuah tantangan yang kita coba pastikan agar kita bisa selalu siap," sambungnya.

Ini tentu merupakan pekerjaan tambahan bagi karyawan Facebook yang bertugas menjaga infrastruktur. Sebabnya Facebook telah menyarankan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Tapi Zuckerberg mengatakan karyawan yang mengurus server dan keamanan tetap akan berada di kantor.



Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)