Cara Asyik Belajar di Rumah Pakai Google Classroom

Cara Asyik Belajar di Rumah Pakai Google Classroom

Tim - detikInet
Selasa, 17 Mar 2020 12:00 WIB
Google Classroom
Google Clasroom. Foto: istimewa
Jakarta -

Banyak sekolah diliburkan demi mencegah virus corona mewabah. Bagi anak-anak, ada berbagai alternatif untuk belajar termasuk dengan menggunakan platform Google Classroom atau Google Kelas.

Classroom dapat digunakan baik di komputer, ponsel Android, iPhone ataupun tablet iPad. "Dengan Classroom, pengajar dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat," begitu definisi Google.

Maka, Classroom adalah layanan yang ideal untuk guru dan murid jika ingin belajar secara jarak jauh. Atau bisa juga untuk orang tua yang ingin mengajari anaknya secara fun.

Untuk mengaksesnya, pertama-tama instal aplikasi Classroom di Play Store atau App Store. Di komputer, silakan kunjungi classroom.google.com. Classroom dapat digunakan oleh sekolah, pemilik akun G Suite dan juga akun personal Google.

Cara Asyik Belajar di Rumah Pakai Google ClassroomFoto: istimewa

Pertama, masukkan username Gmail dan klik next untuk memasukkan password. Bagi pengguna G Suite for Education, akan ada pilihan sebagai siswa atau guru. Jika Anda pengguna akun pribadi, misalnya sebagai orang tua, tidak ada pilihan tersebut.

Begitu masuk, akan ada beberapa pilihan salah satunya adalah Create Class di mana guru atau orang tua dapat membuat kelas untuk siswa atau anaknya.

Nah, saat Class atau kelas ini sudah dibuat, maka secara otomatis akan ada kodenya. Kode tersebut digunakan untuk mengundang siswa atau anak ke kelas tersebut.

Setelahnya, orang tua atau guru dapat melakukan kustomisasi dengan mudah. Untuk memberikan tugas, tinggal klik menu Classwork. Di sini, ada pilihan membuat pertanyaan, kuis, materi pelajaran dan sebagainya.

Cara Asyik Belajar di Rumah Pakai Google ClassroomFoto: istimewa

Asyiknya, materi pelajaran dapat ditambahkan dari Google Drive, YouTube sampai file yang dipilih sendiri. Asyik bukan? Selamat mencoba.



Simak Video "Kemenkes Tegaskan Vaksin Masih Efektif Hadapi Varian Virus India"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)