Awas Situs Palsu Peta Sebaran Virus Corona, Isinya Malware!

Awas Situs Palsu Peta Sebaran Virus Corona, Isinya Malware!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 12 Mar 2020 12:21 WIB
Situs Arcgis Corona
Peta sebaran wabah Corona (Foto: Screenshot)
Jakarta -

Virus corona sudah dideklarasikan menjadi sebuah pandemi oleh WHO, ironisnya, hal ini malah dimanfaatkan hacker untuk menyusupkan malware mereka.

Para hacker ini membuat tiruan situs peta penyebaran virus corona untuk menyusupkan malware buatan mereka. Yaitu dengan memunculkan notifikasi agar para pengakses situs tersebut untuk menginstal semacam aplikasi yang berisikan malware.

Parahnya lagi, situs tersebut bisa saja tetap menampilkan data penyebaran virus corona, jumlah korban, dan berbagai informasi lainnya dengan tepat karena menggunakan sumber yang sama dengan situs aslinya.

Bedanya adalah situs seperti coronavirus-real-map.com atau coronavirus-realtime.com ini bakal meminta pengaksesnya untuk menginstal aplikasi tertentu ataupun meminta data personal pengaksesnya.

Cara untuk membedakan situs asli dan tiruan ini adalah dengan melihat alamat URL yang ada di browser. Jika URL-nya mengandung arcgis.com sebagai domainnya, maka itu adalah situs yang asli. Situs asli bisa diakses di alamat DI ALAMAT INI.

Namun jika alamatnya berbeda, bisa saja itu adalah situs palsu yang mengandung malware yang siap menginfeksi komputer pengaksesnya. Dilansir The Next Web, Kamis (12/3/2020), sejauh ini malware yang dimaksud hanya menginfeksi PC berbasis Windows.



Simak Video "Waspada! Aplikasi VivaVideo Mengandung Spyware Berbahaya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)