Kenapa Biaya Langganan Resso di Android dan iOS Berbeda?

Kenapa Biaya Langganan Resso di Android dan iOS Berbeda?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 11 Mar 2020 18:09 WIB
Resso
Kenapa Biaya Langganan Resso di Android dan iOS Berbeda? (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)
Jakarta -

Aplikasi streaming musik sosial Resso sudah bisa dinikmati penggemar musik di Indonesia. Tapi kenapa biaya langganan Resso untuk pengguna Android dan iOS berbeda?

Seperti diketahui biaya berlangganan premium Resso untuk pengguna Android dikenakan Rp 49.000, sedangkan untuk pengguna iOS dipatok Rp 59.000. Country Head Resso Indonesia Tricia Dizon mengatakan praktek seperti ini sudah banyak dilakukan oleh aplikasi lain.

"Menurut saya itu normal untuk banyak aplikasi lainnya," kata Dizon dalam konferensi pers di Greyhound, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dizon tidak memberi penjelasan lebih spesifik tentang alasan dibedakannya harga berlangganan ini. Tapi kemungkinan hal ini terkait dengan biaya yang ditarik oleh Google dan Apple dari aplikasi yang ada di app store mereka.

Perbedaan harga ini juga diterapkan Resso di India, negara pertama yang mereka sambangi sebelum Indonesia. Di Negeri Sungai Gangga level premium Resso untuk pengguna Android dikenakan biaya 99 Rupee, sedangkan untuk pengguna iOS 119 Rupee.

Walau harganya berbeda, kisarannya masih setara dengan aplikasi streaming lainnya yang populer di Indonesia. Misalnya Spotify yang mengenakan biaya Rp 49.990 untuk versi premium atau YouTube Music yang mengenakan biaya Rp 49.000.

Dengan berlangganan Resso versi premium, pengguna pun akan mendapatkan fitur yang tidak tersedia untuk pengguna tier gratis. Seperti kualitas audio yang lebih tinggi (256 kbps), bisa skip lagu tanpa batas dan fitur download lagu untuk didengarkan secara offline.

Untuk pembayaran biaya berlangganan Resso saat ini bisa dilakukan lewat Google Wallet, Apple Pay, transfer bank atau pulsa.



Simak Video "Hadir di Indonesia, Resso Mudahkan Penikmat Musik untuk Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)