Ka'bah Sepi, Netizen Saling Ingatkan karena Disterilkan

Ka'bah Sepi, Netizen Saling Ingatkan karena Disterilkan

Tim - detikInet
Jumat, 06 Mar 2020 14:00 WIB
Kabah sepi
Ka'bah sepi karena area di sekitarnya sedang dibersihkan. Foto: Istimewa
Jakarta -

Di media sosial ramai beredar suasana Ka'bah yang terlihat sepi. Pemandangan yang tidak biasa ini menjadi perbincangan dan menempatkan Ka'bah berada di deretan trending topic media sosial Twitter.

Sebagian netizen mengagumi dan menikmati pemandangan Ka'bah yang tampak agung tersebut. Suasana seperti ini memang langka karena tempat suci tersebut selalu dipenuhi manusia dari berbagai penjuru dunia.


Sayangnya, hal ini dimanfaatkan sejumlah orang menebar hoax. Banyak yang menggunakan foto dan video suasana Ka'bah sepi dan menghubungkannya dengan datangnya hari kiamat yang sudah dekat.

Padahal, pelataran Ka'bah yang digunakan jemaah tawaf (mengelilingi Ka'bah) memang sengaja dikosongkan sementara waktu untuk disterilkan. Hal ini dilakukan guna memastikan kebersihan dan keselamatan orang-orang yang beribadah di sana. Salah satu media Arab Saudi, Saudi Gazette melalui akun Twitter mereka juga menuliskan hal ini.

Netizen pun berupaya saling mengingatkan dan meluruskan hoax tentang Ka'bah kosong yang beredar. Sejumlah orang yang berada di sana juga menginformasikan bahwa masih banyak jemaah yang beribadah di sana, dan bagi yang bertawaf dipindahkan sementara ke lantai atas sambil menunggu pelataran Ka'bah selesai dibersihkan.

Pemerintah Arab Saudi memang sedang menghentikan sementara kunjungan umroh untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal ini juga berlaku bagi warga negaranya sendiri. Negeri Kerajaan ini juga memberlakukan penutupan sementara Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Selama penutupan, dilakukan sterilisasi di dua area suci bagi umat muslim tersebut.



Simak Video "Soal Ka'bah Dikosongkan yang Ramai Dibicarakan Warganet"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)