Harga Hand Sanitizer di Toko Online Meroket

Harga Hand Sanitizer di Toko Online Meroket

Tim - detikInet
Senin, 02 Mar 2020 21:08 WIB
ilustrasi smartphone
Ilustrasi. Foto: Unspslah
Jakarta -

Pasca dua warga Depok positif terkena virus corona, sebagian warga memburu barang-barang baik secara offline maupun online. Masker dan hand sanitizer banyak diburu dan harganya pun membumbung tinggi.

Penelusuran detikINET di toko online dengan kata kunci hand sanitizer menunjukkan banderol yang di luar kewajaran. Misalnya pembersih tangan merek Antis ada yang menjual sampai Rp 47 ribu di Tokopedia.

Sedangkan harga hand sanitizer merek Dettol ada yang sudah mencapai Rp 65 ribu. Pada saat sebelum peristiwa merebaknya corona, harganya jauh di bawah itu.

Harga Hand Sanitizer di Toko Online MeroketFoto: istimewa

Namun demikian, masih ada yang menjual dengan harga yang wajar. Di Shopee, sebotol Antis ada yang masih menjual di harga Rp 19 ribu dan Rp 28 ribu yang tak beda jauh dari banderol normal. Tapi sudah ada pula yang dihargai tinggi.

Harga Hand Sanitizer di Toko Online MeroketFoto: istimewa

Kemungkinan, melojaknya harga terkait tingginya permintaan. Hand sanitizer dipandang penting untuk membersihkan kuman yang ada di tangan sebagai salah satu tindakan pencegahan.

Padahal sudah disarankan agar warga tidak usah panik. Salah satunya datang dari Dewan Penasihat Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) Tutum Rahanta mengimbau masyarakat untuk tidak panik belanja sebab dipastikan stok akan terus mencukupi.

"Memang terjadi peningkatan dari biasanya, tapi stok mencukupi dan diharapkan masyarakat tidak panic buying," kata Tutum.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)