Kamis, 27 Feb 2020 22:11 WIB

CEO Microsoft Ingin Kembali ke Indonesia Setiap Tahun, untuk Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Microsoft DevCon CEO Microsoft Ingin Kembali ke Indonesia Setiap Tahun, untuk Apa? Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta -

CEO Microsoft Satya Nadella saat ini sedang berada di Indonesia untuk mengisi event Digital Economy Summit 2020 sekaligus memperingati 25 tahun hadirnya Microsoft di Indonesia.

Dalam keynote speech-nya, Nadella mengatakan ia ingin kembali ke Indonesia setiap tahunnya, untuk apa? Bukan karena terlanjur jatuh cinta dengan makanan Indonesia, tapi karena ingin melihat perkembangan teknologi digital di Indonesia.

"Saya ingin kembali ke Indonesia setiap tahun untuk melihat lebih banyak skill digital, pekerjaan digital dan yang paling penting bisnis digital native," kata Nadella di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Untuk membantu mengembangkan teknologi digital di Indonesia, Microsoft pun sudah memiliki banyak layanan dan tools yang bisa dimanfaatkan oleh startup dan bisnis di Indonesia.

Nadella mencontohkan bagaimana platform Azure AI bisa digunakan oleh perusahaan di Indonesia untuk menciptakan teknologi kecerdasan buatan mereka sendiri, sesuai dengan prinsip demokratisasi AI yang menjadi tujuan Microsoft.

Selain itu, Microsoft juga memiliki layanan lain seperti platform cloud Azure, LinkedIn, Dynamics 365, dan Microsoft 365 yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis.

Pria keturunan India ini mengatakan Microsoft telah menjalankan tugasnya untuk mendatangkan teknologi kelas dunia miliknya, dan kini tergantung bagaimana developer dan bisnis untuk memanfaatkan teknologi tersebut.

Apalagi menurutnya teknologi digital adalah sumber daya yang sangat berlimpah dan mudah untuk ditransformasi oleh siapa saja untuk memberi dampak yang besar di sektor ekonomi dan produktivitas.

"Kami ingin membangun platform dan tool teknologi agar semua orang di sini bisa membangun platform mereka sendiri, teknologi mereka sendiri, bisnis mereka sendiri," ucap Nadella.

"Kami berkomitmen mendatangkan teknologi berkelas dunia ke sini agar kalian bisa menciptakan teknologi berkelas dunia. Itu yang telah kita lakukan selama 25 tahun dan itu yang akan kita lakukan ke depannya," pungkasnya.



Simak Video " Dihajar Corona, Saham Microsoft Bonyok"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)