Minggu, 23 Feb 2020 14:00 WIB

Ikut Lawan Virus Corona, Bill Gates Dipuji Presiden China

Virgina Maulita Putri - detikInet
Bill Gates Bill Gates Diapresiasi Presiden China karena Ikut Lawan Virus Corona Foto: Reuters
Jakarta -

Bill Gates mendapatkan surat berisi ucapan terima kasih dari Presiden China, Xi Jinping. Ucapan terima kasih ini dilayangkan kepada Bill and Melinda Gates Foundation atas donasinya untuk memerangi wabah virus corona.

Seperti diketahui, Bill and Melinda Gates Foundation baru-baru ini menyumbangkan USD 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun untuk penanganan wabah virus corona secara global.

"Saya sangat menghargai aksi dermawan Bill dan Melinda Gates Foundation dan surat solidaritas kalian kepada masyarakat China di momen yang penting ini," tulis Xi dalam suratnya seperti dikutip dari The Straits Times, Minggu (23/2/2020).

Dalam suratnya, Xi mengatakan saat ini merupakan masa kritis bagi China dalam upayanya untuk melawan virus corona. Kabar terbaru, ada 400 kasus baru yang ditemukan di China pada Sabtu (22/2).

Bill Gates menjadi dermawan pertama dari Amerika Serikat yang memberi donasi untuk melawan virus corona. Sebelumnya, Bill and Melinda Gates Foundation juga sudah menyumbang USD 10 juta untuk tujuan yang sama.

Dana yang diberikan yayasan milik pendiri Microsoft tersebut ditujukan untuk mendanai teknologi deteksi, isolasi, pengembangan vaksin dan perawatan bagi mereka yang didiagnosa menderita corona. Donasi ini juga digunakan untuk melindungi populasi di negara berkembang seperti di Afrika atau Asia Selatan.

Secara spesifik, USD 20 juta diberikan buat WHO dan otoritas di China, USD 20 juta untuk operasi darurat di Afrika dan Asia Selatan, kemudian sisanya USD 60 juta bakal dialokasikan untuk pengembangan vaksin serta perawatan lebih jitu untuk melawan wabah virus corona.

"Harapan kami adalah sumber daya itu dapat membantu respons yang efektif. Respons ini harus dipandu oleh sains, bukan ketakutan, dan harus dibangun berdasarkan langkah yang sudah diambil WHO," kata CEO Gates Foundation, Mark Suzman, dikutip detikINET dari Forbes.

Ikut Lawan Virus Corona, Bill Gates Dipuji Presiden China


Simak Video "Bill Gates Sumbang USD 100 Juta untuk Bantu Tangkal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)