Kamis, 13 Feb 2020 20:46 WIB

Naskah Kuno Pura Mangkunegaran Kini Bisa Diakses Versi Digital

Bayu Ardi Isnanto - detikInet
perpustakaan digital Foto: Bayu Ardi Isnanto
Solo -

Perpustakaan Reksa Pustaka di Pura Mangkunegaran, Solo, tengah melakukan proses digitalisasi terhadap koleksi-koleksi bukunya. Kini hampir 30% koleksinya sudah bisa dibaca lewat komputer.

Pengelola Reksa Pustaka, Darweni, mengatakan sudah 60% buku di perpustakaan kompleks Pura Mangkunegaran itu rusak. Dengan digitalisasi tersebut, ilmu yang ada di dalam buku dapat berusia lebih panjang.

"Kertas itu usianya sampai 500 tahun. Apalagi setiap dibuka kena minyak di tangan kita, kena asam," kata Darweni saat dijumpai di perpustakaan berusia 152 tahun itu, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, koleksi Reksa Pusata mencapai 11 ribu yang 700 di antaranya merupakan manuskrip kuno. Namun hingga saat ini baru 3.132 koleksi yang sudah didigitalisasi.

"Koleksi yang didigitalisasi kita utamakan yang kerusakannya parah, lalu yang paling banyak dibaca. Seperti karya Mangkunegara I, Babad Nitik, tahun 1780, isinya kisah beliau yang masih relevan di masa kini," ujarnya.

Naskah Kuno Pura Mangkunegaran Kini Bisa Diakses Versi DigitalSalah satu pengelola perpustakaan. Foto: Bayu Ardi Isnanto

Meski sudah didigitalisasi, koleksi Mangkunegaran tidak dapat diakses secara online. Pengunjung harus datang ke Mangkunegaran dan mengaksesnya lewat komputer yang disediakan.

Adapun pelaksanaan digitalisasi dilakukan oleh pihak ketiga, yakni PT Unibless Indo Multi melalui program tanggung jawab sosial PT Epson Indonesia. Proses digitalisasi 3 ribu koleksi itu dilaksanakan dalam enam bulan.

Direktur PT Unibless Indo Multi, Sylvie Selyn Sembiring, mengatakan kendala dalam pengerjaannya ialah kondisi buku yang sudah rapuh. Apalagi ada buku-buku yang cukup tebal.

"Kita harus sangat berhati-hati. Karena sudah rapuh, tidak bisa cepat, perlu beberapa menit mengerjakan satu halaman," ungkap dia.



Simak Video "Pemobil yang Balapan Bak Fast and Furious di Underpass YIA Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)