Jumat, 31 Jan 2020 18:37 WIB

Talenta Digital Indonesia Pintar-pintar, Tapi...

Adi Fida Rahman - detikInet
Herman Wijaya Vice President of Engineering Tokopedia Herma Wijaya. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Cukup banyak yang memandang sebelah mata kemampuan talenta digital Indonesia. Tapi bagi bos engineer Tokopedia, talenta digital Indonesia pintar-pintar.

"Sebenarnya orang Indonesia itu pintar-pintar loh. Banyak di Silicon Valley dan Seattle yang pintar-pintar dan jadi pemimpin di perusahaan ternama," ungkap Herman Wijaya, Vice President of Engineering Tokopedia saat ditemui di kantornya.

Ketika dirinya balik ke Tanah Air, dia melihat talenta digital Indonesia masih berusia 30 tahun telah banyak mempimpin 50 - 70 orang. Dan Ini, menurut Herman, memberikan harapan cerah bagi Indonesia di masa depan.

Belum lagi soal kegigihan dan kreativitas. Di contohkannya soal pengiriman di e-Commerce. Di Amerika Serikat saja kebanyakan pengiriman paling cepat dua hari. Sementara di Indonesia sudah bisa dilakukan di hari yang sama.

Namun ada dua hal yang harus diharus diperhatikan oleh talenta digital Tanah Air, yakni mengatasi rasa takut dan malu. Karena dia melihat banyak SDM Indonesia yang malu bertanya dan takut melangkah.

Herman Wijaya, Vice President of Engineering TokopediaHerman Wijaya, Vice President of Engineering Tokopedia Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dan kebanyakan selalu ingin menunggu memonen yang dirasa pas, ketika semua siap mereka baru melangkah. Padahal kita dihadapkan persaingan global.

"Tokopedia punya slogan 'Mulai Aja Dulu', itu yang sebenarnya yang kita harus breakthrough. Tidak akan inovasi kalau kita tidak mencoba. Ketika berani mencoba harus berani gagal. Kalau gagal ya tidak apa-apa, selama kita belajar dari kegagagalan tersebut," papar pria jebolan Monash University ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2